Pengisian PDSS Dibuka 15 Januari

Rilis

Logo Unpad.*

[unpad.ac.id, 16/1/2020] Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sebagai salah satu  tahap pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dapat dilakukan mulai 15 Januari pukul 16.00 WIB hingga 8 Februari pukul 23.59 WIB.  Pengisian ini dilakukan di laman pdss.snmptn.ac.id oleh Kepala Sekolah atau perwakilan yang ditugaskan.

Pengisian PDSS dilakukan dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Akun ini digunakan untuk akses masuk sekolah maupun siswa berdasarkan kebijakan sistem Single Sign On (SSO) yang diberlakukan untuk sistem penerimaan mahasiswa baru tingkat nasional tahun 2020.

Dikutip dari laman resmi SNMPTN, jalur SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar. Selain itu, siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Mengingat proses ini merupakan tahap penting untuk pendaftaran SNMPTN, LTMPT mengimbau setiap sekolah untuk dapat mengisi PDSS sesuai jadwal yang ditetapkan. Pendaftaran SNMPTN sendiri dibuka pada 14  hingga 27 Februari 2020.*