Sebanyak 1.742 Mahasiswa Unpad Ikuti KKN Tematik Kewirausahaan

Laporan oleh M.Dzulfikri Firdaus

Suasana pelepasan peserta KKN Tematik Unpad ke 14 Kecamatan di Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Pangandaran, di Bale Sawala Unpad Jatinangor, Rabu (9/01). (Foto: Dadan T.)*

[unpad.ac.id, 9/1/2020] Rektor Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Rina Indiastuti, MSIE., melepas 1.742 mahasiswa Unpad yang akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Pelepasan dilakukan secara simbolis di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor, Rabu (9/01).

Pelepasan peserta KKN Tematik Kewirausahaan dilakukan dengan penyematan jas almamater Unpad kepada perwakilan mahasiswa oleh Rektor Unpad didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Arry Bainus, M.A., Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Prof. Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt., Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., dan Sekretaris Daerah  Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, M.Si.

Selama pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Kewirausahaan mulai 9 Januari hingga 12 Februari 2020 mendatang, para peserta akan tinggal selama 35 hari di 88 desa yang tersebar di 14 Kecamatan pada 3 Kabupaten, yakni Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Pangandaran. Peserta akan didampingi oleh 102 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang akan membimbing mahasiswa dan melaksanakan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam sambutannya, Prof. Rina berpesan agar para mahasiswa peserta menikmati KKN Tematik Kewirausahaan ini sebagai proses pendidikan, dengan cara belajar mengambil pengalaman dari masyarakat untuk diakumulasikan menjadi pengetahuan dan keterampilan, yang kelak menghasilkan manfaat bagi masyarakat.

“Mohon diimpresikan kepada masyarakat dengan baik, bahwa Unpad adalah mitra masyarakat Jawa Barat, dan komitmen Unpad berperan membantu Jawa Barat mengatasi masalah pembangunan sekaligus meningkatkan mutu sumber daya manusia diimplementasikan melalui program KKN ini,” ujar Prof. Rina

Kepada para DPL, Prof. Rina berpesan agar para dosen mendampingi dan mengamati secara cermat proses KKN Tematik Kewirausahaan, baik selama pelaksanaan hingga pasca pelaksanaan.

Sementara Sekda Kabupaten Sumedang dalam sambutannya berharap agar mahasiswa yang melaksanakan KKN di Kabupaten Sumedang mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan yang telah didalami, agar tumbuh jiwa kewirausahaan secara kolektif di tengah masyarakat.

“KKN Tematik ini relevan dengan upaya penurunan angka kemiskinan Kabupaten Sumedang yang ditargetkan turun 0,8 persen tiap tahun, disamping itu laju pertumbuhan ekonomi kami belum diimbangi dengan pemerataan, mudah mudahan KKN Unpad mampu menjadi solusi konkrit,” harap Herman.

Ia juga menyampaikan harapan kepada 53 desa lokasi KKN Tematik Kewirausahaan di wilayahnya, semoga dalam 1-2 tahun mendatang terjadi peningkatan kesejahteraan, kemudian para pengusaha yang didorong mampu menjadi pemicu peningkatan dan pemerataan kesejahteraan bagi seluruh Sumedang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. Arry Bainus, M.A. mengatakan bahwa kegiatan KKN Tematik Kewirausahaan kali ini ada perbedaan, meskipun tema KKN Kewirausahaan pernah dilaksanakan sebelumnya. Diantaranya mengenai sebaran lokasi yang semakin meluas hingga tiga kabupaten, dibandingkan tahun sebelumnya yang berlokasi hanya di Kabupaten Sumedang.

“Kita sudah punya berbagai instrumen untuk melaksanakan KKN ini, dengan disinergikannya tujuan mahasiswa turun ke desa, yaitu untuk mengetahui potensi ekonomi dari desa, kemudian membekali keterampilan sebagai wirausaha kepada para mahasiswa ini dengan keahlian yang relevan, dan mengembangkan potensi ekonomi lokal yang dimiliki oleh wilayah yang dijadikan tempat KKN,” ujar Dr. Arry.*