Tingkatkan Kerja Sama yang Sudah Dijalin, Akita University Kunjungi Unpad

Laporan oleh Arief Maulana

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Universitas Padjadjaran Prof. Arief S. Kartasasmita, dr., Sp.M(K), PhD., melakukan pertemuan dengan Dekan Fakultas Ilmu Sumber Daya Internasional Akita University Prof. Hikari Fujii, PhD, di Ruang Tamu Rektor Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Senin (13/1). (Foto: Arief Maulana)*

[unpad.ac.id, 13/1/2020] Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Akita University, Jepang, Senin (13/1). Kunjungan dilakukan untuk membahas kerja sama lanjutan antara Unpad dan Akita University pasca penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan pada Maret 2019 silam.

Delegasi Akita University yang terdiri dari International Cooperation Akita University Prof. Dr. Sci. Tokiyuki Sato dan Dekan Fakultas Ilmu Sumber Daya Internasional Akita University Prof. Hikari Fujii, PhD, ini diterima secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, PhD di Ruang Tamu Rektor Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Turut hadir Dekan Fakultas Teknik Geologi Dr. Vijaya Isnaniawardhani serta sejumlah pimpinan di lingkungan FTG Unpad.

Dr. Vijaya menjelaskan, pasca lahirnya Nota Kesepahaman tersebut, FTG Unpad sudah banyak menjalin kerja sama dengan Akita University, di antaranya penyerahan sejumlah fasilitas untuk laboratorium di FTG Unpad, hingga inisiasi  Master Degree Program berbasis daring antara FTG Unpad dan Akita University.

Terkait kerja sama tersebut, Prof. Arief mengapresiasi dan mengharapkan agar program ini dapat terus diperkuat. Kerja sama yang dibangun tidak hanya dengan FTG Unpad, tetapi bisa diperluas dengan bidang keilmuan lain yang ada di Unpad.

“Kerja sama ini memberikan banyak manfaat bagi kita,” kata Prof. Arief.

Sementara itu, Wakil Dekan FTG Unpad Dr.Sc. Yoga Andriana Sendjaja, M.Sc., menjelaskan, rencana ke depan FTG Unpad akan menginisiasi program exchange class dengan Akita University. Program ini berupa penyelenggaraan kegiatan perkuliahan berbasis daring (online). Melalui program ini, mahasiswa FTG Unpad akan mengikuti kelas online dengan pengajar dari Akita University. Selain itu, dosen FTG Unpad pun berkesempatan menyampaikan materi secara online di hadapan mahasiswa Akita University.*