Unpad Buka Layanan Informasi di Seminar dan Pameran Pendidikan BTA Group, Jakarta

Laporan oleh Marlia

Narasumber Universitas Padjadjaran Dr. Ir. Denie Heriyadi, M.S., menyampaikan materi seputar Unpad pada Seminar dan Pameran Pendidikan BTA Group Tahun 2020 yang diselenggarakan di Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (19/1) lalu. (Foto: Marlia)*

[unpad.ac.id, 22/1/2020] Universitas Padjadjaran berpartisipasi dalam kegiatan Seminar dan Pameran Pendidikan BTA Group Tahun 2020 yang diselenggarakan di Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (19/1) lalu.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Ir. Denie Heriyadi, M.S., selaku narasumber dari Unpad menjelaskan mengenai jalur masuk Unpad di hadapan orangtua dan siswa-siswi SMA dari Jakarta dan sekitarnya. Selain dari Unpad, hadir pula narasumber dari berbagai PTN pada acara yang dihadiri oleh sekira  4000 audiens ini. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur BTA, dr. Hasatan Manullang, MsHA.

Dr. Denie menyampaikan bahwa pada tahun 2020, Unpad menerima mahasiswa baru melalui 3 jalur pendaftaran yaitu melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri melalui Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP).

Ia juga menyampaikan berbagai hal yang harus diperhatikan penerimaan mahasiswa baru tahun ini yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal yang berbeda tersebut antara lain pada pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun ini. Sebagaimana diketahui, pada tahun sebelumnya setiap siswa diberi dua kali kesempatan mengikuti tes, namun tahun ini setiap siswa hanya diperkenankan mengikuti satu kali tes.

“Yang perlu disiapkan antara lain, selain belajar, perlu dipersiapkan juga fisik untuk mengikuti tes tersebut. Siapkan diri dengan istirahat yang cukup dan makan yang bergizi. Apalagi pada sesi tes di saat puasa di bulan Ramadhan, jangan sampai mengantuk dan malah ketiduran sepanjang tes,” ujarnya.

Selain itu, Dr. Denie juga berpesan untuk memperhatikan berbagai kelengkapan tes termasuk pengisian data pada saat pendaftaran secara cermat dan teliti. Karena bila ada kesalahan dalam pengisian, akan sulit untuk diperbaiki dan akan merugikan siswa yang bersangkutan.

Pada kegiatan tersebut, selain mengikuti sesi seminar, Unpad juga turut berpartisipasi membuka stand pameran pendidikan. Pameran pendidikan ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi baik negeri dan swasta.

Antusias pengunjung terlihat dengan banyaknya orangtua dan siswa yang datang ke stand Unpad untuk mengetahui berbagai hal tentang Unpad, mulai dari jalur pendaftaran, program studi di Unpad hingga berbagai sarana pendukung seperti fasilitas kostan dan lingkungan sekitar Unpad.(am)*

Share this: