UPBM Unpad Pukau Penonton “Malam Cinta Indonesia” di University of Tsukuba, Jepang

Rilis: Muhammad Alfin

Unit Pencinta Budaya Minangkabau (UPBM) Universitas Padjadjaran menampilkan pementasan tari piring dalam acara Malam Cinta Indonesia” yang digelar oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang di Tsukuba University, Jepang, Sabtu (11/1) lalu.*

[unpad.ac.id, 22/1/2020] Unit Pencinta Budaya Minangkabau (UPBM) Universitas Padjadjaran kembali mengirim delegasi pada kegiatan “Malam Cinta Indonesia” yang digelar oleh Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Jepang di University of Tsukuba, Jepang, Sabtu (11/1) lalu.

Malam Cinta Indonesia merupakan kegiatan penampilan budaya Jepang dan Indonesia, atas kerja sama PPI Jepang Komisariat Ibaraki dengan Merah-Putih KAI. Tujuannya untuk memperkenalkan budaya Indonesia lebih luas di mata dunia, khususnya bagi masyarakat Jepang.

Pada acara ini, UPBM mengutus 12 anggota terbaiknya dalam kegiatan ini. Adapun kesenian yang dibawakan didasari pada tiga kaderisasi seni budaya yang dipelajari di UPBM, yaitu musik tradisional, randai, dan tari.

Musik yang dimainkan pun beragam, mulai dari lagu Minangkabau, Simarantang, dan juga musik Tari Piriang. Randai sendiri merupakan permainan tradisional anak nagari yang selalu dimainkan pemuda pemudi Minangkabau zaman dulu serta perpaduan gerakan antara tari dan Silek, sedangkan tari yang ditampilkan adalah Tari Piriang.

“Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang telah berdiri selama 33 tahun di Unpad, UPBM diharapkan terus menjadi bagian dalam pelestarian budaya Minangkabau, tidak hanya di dalam negeri, namun melalui kegiatan ini UPBM juga berpartisipasi dalam upaya pelestarian budaya hingga kancah internasional,” ujar ketua pelaksana tim delegasi UPBM Wulan Apriani.

Sebelumnya, UPBM juga telah menampilkan kebudayaan Minangkabau dalam Acara Kagoshima Youth Art Festival yang juga diadakan di Jepang pada tahun 2018.(mdf)*