Unpad Jadi Koordinator Inkubasi Bisnis wilayah Jabar untuk Penguatan Kewirausahaan Sosial di Kemensos RI

Laporan oleh Arif Maulana

Direktur Inovasi dan Korporasi Universitas Padjadjaran Diana Sari, PhD mewakili Unpad dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos RI dalam Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Sosial di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Rabu (19/2).*

[unpad.ac.id, 19/2/2020] Universitas Padjadjaran ditunjuk Kementerian Sosial sebagai koordinator wilayah Jawa Barat untuk pelaksanaan program pemberdayaan sosial. Program ini berupa pemberdayaan sosial ekonomi bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) Kementerian Sosial RI.

Program ini diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos RI dan sejumlah mitra institusi termasuk Unpad dalam Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Sosial di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, Rabu (19/2). Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin. Sementara dari pihak Unpad diwakili Direktur Inovasi dan Korporasi Diana Sari, M.Mgt., PhD.

Diana mengungkapkan, Unpad melalui Pusat Inkubator Bisnis/Oorange mendapat kepercayaan untuk melakukan pendampingan dan pembinaan kepada peserta keluarga penerima manfaat PKH di wilayah Jawa Barat. Program pendampingan ini akan berjalan selama 9 bulan.

“Tujuan dari program ini adalah mengubah keluarga penerima manfaat yang selama ini hanya menerima bantuan sosial untuk dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan melakukan usaha sendiri,” kata Diana.

Unpad akan melakukan program inkubasi bisnis bagi usaha-usaha baru yang dikembangkan oleh keluarga penerima manfaat PKH tersebut. Program yang baru berjalan pada 2020 ini akan mengikutsertakan 1.144 peserta KPM PKH di Jawa Barat.

“Program inkubasi ini pada akhirnya memungkinkan keluarga penerima manfaat PKM dapat mengakses kredit perbankan, baik itu dari lembaga pemerintah maupun nonpemerintah,” ujarnya.

Pemilihan sebagai koordinator pelaksana didasarkan bahwa Unpad memiliki program inkubasi bisnis mandiri. Diharapkan unit ini dapat mendukung pengembangan kewirausahaan sosial yang dilakukan Kemensos RI.

Acara penandatanganan MoU tersebut disaksikan langsung Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara.*