Unpad Jalin Kerja Sama dengan Bank Tabungan Negara dan PT. Tekad Mandiri Citra

Laporan oleh Arif Maulana

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., bersama Kepala Kantor Wilayah I Bank Tabungan Negara Manahan Hutapea menandatangani Nota Kesepahaman di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (7/2). (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id, 7/2/2020] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan Bank Tabungan Negara (BTN). Kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., dengan Kepala Kantor Wilayah I BTN Manahan Hutapea di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (7/2).

Rektor mengatakan, penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan kerja sama lanjutan yang sudah dilakukan Unpad dengan BTN. “Unpad membutuhkan BTN di dalam mendukung tridarma perguruan tinggi,” kata Rektor.

Diharapkan, kerja sama yang terjalin tidak hanya pada aktivitas perbankan ataupun kredit konsumer. Rektor menjelaskan, kerja sama ini diarahkan untuk mencetak sumber daya manusia unggul, baik mahasiswa, dosen, maupun pegawai.

Salah satu kerja sama yang ingin dilakukan adalah pengembangan modul pembelajaran yang menggabungkan teori dan praktik. Unpad menawarkan BTN untuk bekerja sama menyusun modul, seperti modul untuk mengukur kinerja pegawai. Dengan demikian, modul ini menjadi pembenahan untuk aktivitas kelembagaan di Unpad maupun BTN.

“Kami ingin belajar dari BTN, tapi kami juga ada pemikiran lain. Lalu kita buat riset kecil dan jadikan pembelajaran,” kata Rektor.

Sementara itu, Manahan mengapresiasi inisiasi Unpad untuk menyusun modul pembelajaran bersama. Sebagai langkah awal kerja sama tersebut, pihaknya siap untuk menyelenggarakan lokakarya ataupun kegiatan pengembangan yang lain.

Dalam acara penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, hadir Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., serta Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A(K), M.Kes.

Selain itu, Rektor juga menandatangani Nota Kesepahaman dengan Direktur Utama PT. Tekad Mandiri Citra drh. Gowinda Sibit. Kerja sama yang dilakukan antara Unpad dan PT. Tekad Mandiri Citra akan berfokus pada aktivitas penelitian, khususnya pengembangan hilirisasi produk kesehatan hewan.*