Wisudawan Unpad Diharapkan Jaga Nama Baik Almamater

Laporan oleh Arif Maulana

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE.,  melantik 1.634 orang wisudawan pada Wisuda Lulusan Unpad Gelombang II tahun akademik 2019/2020 yang digelar dalam empat sesi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, 4-5 Februari 2020. (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id, 4/1/2020] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE.,  melantik 1.634 orang wisudawan pada Wisuda Lulusan Unpad Gelombang II tahun akademik 2019/2020 yang digelar dalam empat sesi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, 4-5 Februari 2020.

“Saudara adalah putra dan putri terbaik bangsa Indonesia lulusan Unpad yang akan berkarya di berbagai bidang, menjadi pionir dan role model di bidang keahlian dan profesinya masing-masing, dan juga akan menjadi calon pemimpin-pemimpin di masa depan yang akan membawa Indonesia untuk bisa memiliki daya saing global,” pesan Rektor kepada wisudawan, Selasa (4/1).

Dilantik menjadi wisudawan, Rektor juga berpesan untuk menjaga nama baik almamater. Gelar akademik yang diperoleh wisudawan harus menjadi modal awal untuk berkiprah lebih baik dan unggul di masyarakat.

“Jaga selalu integritas sebagai lulusan Unpad, karena saudara-saudara adalah insan abdi masyarakat, pembina nusa bangsa, yang akan menjadi garda terdepan kelangsungan bangsa ini di masa depan,” imbuhnya.

Rektor memaparkan, seiring dengan tantangan kemajuan zaman, Unpad terus berbenah agar bisa menghadapi tantangan itu. Salah satu upaya yang dilakukan adalah implementasi kebijakan Kampus Merdeka sesuai amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim.

Kebijakan Kampus Merdeka ini telah sejalan dengan Rencana Strategis Unpad tahun 2020-2024. Selain itu, Unpad juga tengah melakukan kajian akademik untuk bisa menerjemahkan kebijakan ini menjadi suatu desain pembelajaran dan aktivitas akademik yang inovatif.

Secara khusus Rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang. Wisudawan Terbaik Program Doktor diraih oleh Julia Windi Gunadi dari program studi Kedokteran, Wisudawan Terbaik Program Magister diraih oleh Rina Herliana  dari program studi Sastra, dan Wisudawan Terbaik Program Spesialis diraih oleh Nyoman Ayu Anggayanti dari program studi Bedah Mulut.

Selanjutnya, Wisudawan Terbaik Program Profesi diraih oleh Nurayni Tri Hapsari Pratiwdari program studi Dokter Gigi, dan Wisudawan Terbaik Sarjana diraih oleh Putri Maulida Jasmin dari program studi Ilmu Pemerintahan.

Sementara itu wisudawan dengan usia tertua pada kesempatan kali ini adalah Suryaningsih Achmad Don dari program studi Ekonomi yang lulus pada usia 67 Tahun 8 Bulan 1 Hari, dan wisudawan termuda adalah Hazel Faras Alhafiz dari program studi Kedokteran dalam usia 19 Tahun 2 Bulan 27 Hari.*