Sejumlah Operator Seluler Berikan Layanan Gratis untuk Kuliah Daring

Laporan oleh Arif Maulana

Mahasiswa Universitas Padjadjaran sedang mengakses materi perkuliahan secara online. Perkuliahan di Unpad resmi diganti dengan sistem nontatap muka untuk mencegah meluasnya pandemi Coronavirus (COVID-19).*

[unpad.ac.id, 23/3/2020] Perkuliahan daring sebagai implementasi dari proses kuliah nontatap muka sudah dilakukana Universitas Padjadjaran sejak Rabu (18/3) lalu. Hal ini dilakukan menyusul adanya kebijakan menghentikan aktivitas tatap muka dalam kampus guna mencegah meluasnya pandemi Coronavirus (COVID-19) di Indonesia.

Dengan diberlakukannya kuliah daring, ada beberapa kesiapan yang harus dilakukan mahasiswa. Salah satunya adalah jaringan internet yang mumpuni atau kuota data yang cukup untuk melakukan perkuliahan. Untungnya, hal ini didukung penuh oleh sejumlah operator seluler tanah air.

Ada beberapa operator yang menggratiskan akses ke layanan pembelajaran daring milik Unpad, di antaranya Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, dan Indosat Ooredoo. Keuntungan yang diberikan mulai dari gratis akses, harga paket data yang terjangkau, hingga tambahan fasilitas kuota untuk pembelajaran online.

Operator Telkomsel menyediakan layanan meeting online “CloudX” gratis yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa. Layanan CloudX juga telah terintegrasi dalam layanan pembelajaran daring Unpad di live.unpad.ac.id.

Saat mengakses CloudX, Telkomsel menyediakan akses internet gratis hingga 60 GB bagi penyelenggara meeting, serta 30 GB bagi pengguna. Promo ini bisa digunakan selama satu bulan.

Untuk operator XL Axiata, mahasiswa pengguna operator ini bisa mendapatkan gratis 2GB/hari untuk mengakses laman Unpad, Live Unpad, MOOC Unpad, dan Kandaga. Sementara Indosat menawarkan program “Online Lecturing Unpad” berupa gratis tambahan kapasitas kuota untuk belajar daring.

Operator Smartfren menawarkan gratis akses ke platform pendidikan daring Edmodo. Selain itu, operator ini juga memberikan akses gratis ke aplikasi bisnis, pendidikan, dan media sosial antara jam 01.00 – 17.00.*