Faza Anggana Putra Ikut Proyek Sosial di Sammatz, Jerman

Rilis

Faza Anggana Putra.*

[unpad.ac.id, 25/3/2020] Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Padjadjaran Faza Anggana Putra mengikuti program Global Volunteer AIESEC di kota Sammatz, Jerman, 18 Januari hingga 2 Maret lalu.

Program ini merupakan proyek sosial dengan tema “Build an Art Room in a Sustainable and Intercultural Village”. Program yang digelar atas kerja sama AIESEC Jerman, AIESEC Indonesia, sejumlah organisasi nonpemerintah ini diikuti lebih dari 100 sukarelawan dari 8 negara.

“Tujuan proyek tersebut adalah untuk mengembangkan Desa Sammatz menjadi salah satu desa wisata di Jerman,” ungkap Faza dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Proyek ini mengimplementasikan target ke-11 pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), yaitu pengembangan kota dan komunitas berkelanjutan.

Selama 6 minggu, Faza dan relawan lainnya melakukan sejumlah proyek di berbagai bidang. Di bidang konstruksi, relawan membangun rumah untuk para wisatawan yang ingin menginap.

Sementara di bidang peternakan, relawan memberi makan dan membersihkan kandang hewan. Di bidang kewirausahaan, relawan juga membantu toko masyarakat lokal untuk menjual keperluan sehari-hari. Setiap sukarelawan diwajibkan bekerja selama 7,5 jam sehari.

Faza mengjelaskan, ada pengalaman baru saat mengikuti proyek sosial di Jerman ini. Selain berinteraksi dan menambah jaringan dengan orang lain dari berbagai negara, Faza juga berkesempatan mengenalkan budaya Indonesia kepada sukarelawan lain.

“Manfaat lain bagi diri sendiri adalah meningkatnya kemandirian, percaya diri,” kata Faza.(am)*