Modifikasi Pupuk untuk Produktivitas Lahan Salin, Mahasiswa Faperta Unpad Juara I LKTI Kujang Fest 2020

Rilis: Faperta Unpad

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran raih juara dalam acara “Kujang Fest 2020: Bukti Nyata Trasnformasi Pupuk dan Pertanian” di Karawang, Sabtu (7/3).*

[unpad.ac.id, 16/3/2020] Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran menjadi pemenang pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah “Teknologi Inovasi Pertanian” di acara “Kujang Fest 2020: Bukti Nyata Trasnformasi Pupuk dan Pertanian” di Karawang, Sabtu (7/3).

Mahasiswa tersebut terdiri dari Muhammad Kholil Masruri, Sri Muji Rahayu, dan Adinda Lailatus Sa’diyyah dengan bimbingan dosen Faperta Unpad Dr. Rija Sudirja, M.T.

Pada LKTI itu, tim mengangkat karya tulis berjudul “AGRAPANA: Modifikasi Pupuk Urea, Arang Aktif, Gipsum, dan Kompas Jerami Beragen Hayati Sebagai Optimalisasi Lahan Sawah Salin di Jawa Barat”.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad Kholil menjelaskan, pupuk tersebut merupakan modifikasi pupuk N atau pupuk yang mengandung Nitrogen dengan ameliorant khusus untuk mengoptimalkan produksi padi di lahan salin. Lahan salin sendiri merupakan lahan pasang surut yang terintrusi air laut selama lebih dari 3 bulan.

“Produk dan formulasi pupuk ini juga diperkaya dengan bakteri Azotobacter sebagai bakteri penambat N dan amelioran yang berfungsi sebagai bahan pembenah tanah,” kata Kholil.

Kholil memaparkan, pupuk modifikasi ini terbukti mengurangi kebutuhan petani akan pupuk N yang notabene merupakan pupuk anorganik. Selain itu, pupuk ini diharapkan dapat memperbaiki kesuburan lahan salin untuk meningkatkan produktivitas beras di Indonesia.

“Ini bisa menjadi solusi dalam bidang pertanian demi menjaga ketahanan dan keamanan pangan di Indonesia,” tukas Kholil.

Kujang Fest 2020 merupakan acara yang digelar PT. Pupuk Kujang Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pertanian. Gelaran LKTI ini digagas untuk memberikan bukti nyata pengembangan transformasi produksi pupuk dan pertanian.(am)*