Telkomsel Sediakan CloudX Gratis untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Unpad

Laporan oleh Arif Maulana

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., bersama sejumlah pimpinan Unpad melakukan telekonferensi dengan tim Telkomsel dalam rangka peluncuran virtual layanan meeting online CloudX di ruang Executive Lounge Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (23/3). (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id, 23/3/2020] Guna mendukung kegiatan pembelajaran daring (online) di lingkungan Universitas Padjadjaran, Telkomsel menyediakan layanan meeting online “CloudX” gratis yang bisa dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa. Layanan CloudX juga telah terintegrasi dalam layanan pembelajaran daring Unpad di live.unpad.ac.id.

Direktur Human Capital Management Telkomsel Irfan A. Tachrir mengatakan, layanan CloudX merupakan implementasi dari program pembelajaran jarak Distance Learning Telkomsel seiring adanya larangan beraktivitas di luar rumah untuk mencegah penyebaran Coronavirus (COVID-19) di Indonesia.

“Aplikasi ini menjadi penting di saat social distancing, sehingga kita masih bisa terhubung bukan hanya sebagai tukar informasi tetapi menjadi tools dalam rangka belajar mengajar,” ujar Irfan saat menggelar telekonferensi peluncuran virtual CloudX Telkomsel bersama Unpad, di ruang Executive Lounge Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (23/3).

Telekonferensi ini diikuti Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, serta sejumlah pimpinan Unpad, antara lain Direktur Perencanaan dan Sistem Informasi Mutakin, M.Si., Apt., PhD, Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, M.T., Direktur Institut Pembangunan Jawa Barat Prof. Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Kepala Pusat Teknologi dan Sistem Informasi Alan Ridwan Maulana, M.Kom., serta Kepala Kantor Komunikasi Publik Dandi Supriadi, M.A., (SUT).

CloudX merupakan layanan Telkomsel yang memungkinkan pengguna bisa berinteraksi secara daring melalui sistem telekonferensi, kapan pun dan dimana pun. Layanan ini bisa diikuti oleh sekira 100 pengguna dalam satu sesi pertemuan.

Telkomsel juga menyediakan akses internet gratis hingga 60 GB bagi penyelenggara meeting, serta 30 GB bagi pengguna. Promo ini bisa digunakan selama satu bulan.

“Telkomsel sangat senang membantu mencarikan solusi untuk lembaga pendidikan, khususnya Unpad, sehingga kegiatan belajar mengajar tetap bisa berjalan dengan lancar,” kata Irfan.

Rektor pun mengapresiasi adanya program baik dari Telkomsel ini. Unpad sendiri sudah hampir 2 minggu menerapkan pembelajaran daring dan bekerja di rumah.

“Saya yakin ini pasti bermanfaat bagi sivitas akademika,” ujar Rektor.

Rektor menjelaskan, selama penerapan metode pembelajaran daring, diyakini ada peningkatan kreativitas dosen dan mahasiswa perihal konten pembelajaran daring. Untuk menguatkan kreativitas ini, dibutuhkan dukungan jaringan dan teknologi yang baik.

Untuk menggunakan, sivitas akademika Unpad bisa memanfaatkan aplikasi CloudX Telkomsel dengan mengakses ke laman live.unpad.ac.id.*