Unpad Tutup Layanan Tatap Muka di dalam Kampus

Rilis: Kantor Komunikasi Publik

Pelataran parkir kampus Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Jatinangor, sepi pada Selasa (17/3) lalu. Hal ini disebabkan adanya kebijakan kuliah daring untuk mengganti perkuliahan tatap muka di Unpad untuk mencegah penularan Coronavirus (COVID-19) di lingkungan kampus. (Foto: Arif Maulana)*

[unpad.ac.id, 21/3/2020] Menyikapi semakin meluasnya wabah pandemi Coronavirus (COVID-19) di Indonesia, Universitas Padjadjaran memutuskan untuk meniadakan aktivitas dan layanan di lingkungan kampus.

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Keuangan Unpad Prof. Dr. Ida Nurlinda, M.H., melalui Surat Nomor 216/UN6.WR2/TU/2020 menyampaikan imbauan perihal tindak lanjut kebijakan pencegahan eskalasi Coronavirus di Unpad. Secara garis besar, seluruh bentuk pelayanan akademik bagi dosen dan mahasiswa diubah ke dalam bentuk pelayanan daring (remote working). Dengan demikian, kegiatan perkuliahan seluruhnya diganti dengan metode daring.

“Pimpinan unit kerja di Fakultas, Sekolah Pascasarjana, PSDKU Pangandaran, dan prodi Keperawatan di Garut melarang mahasiswa untuk datang ke kampus dengan alasan apa pun, kecuali atas izin tertulis dari Ketua Program Studi,” ujar Prof. Ida.

Terkait aktivitas perkantoran, mulai 18 Maret lalu, Unpad memberlakukan aktivitas bekerja dari rumah sebagai bentuk respons atas kebijakan Pemerintah. Meski demikian, setiap unit kerja telah mengatur jadwal piket di kantor, sehingga ada beberapa pegawai yang bekerja di kantor setiap harinya.

Melalui surat ini, Unpad meniadakan jadwal pelayanan tenaga kependidikan di lingkungan kampus. Pembagian jadwal kerja hanya dilakukan jika ada kepentingan yang mendesak. Kebijakan ini akan berlaku mulai Senin, 23 Maret 2020 sampai ada pemberitahuan selanjutnya dari pimpinan.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus, secara bertahap Unpad telah melaksanakan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan dan tempat di dalam kampus. Proses penyemprotan juga mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Informasi lebih lanjut terkait upaya penanganan Coronavirus di lingkungan Unpad bisa dilihat pada tautan: http://www.unpad.ac.id/covid-19/.*