Dukung Pembuatan “Hand Sanitizer”, Unpad Terima Etanol 2.000 Liter dari Pertamina

Wakil Rektor Bidang

Rilis

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., menandatangani Berita Acara Bantuan Etanol dari Pertamina di Laboratorium Sentral kampus Unpad, Jatinangor, Selasa (31/3). Etanol sebanyak 2.000 liter akan dimanfaatkan Unpad untuk produksi hand sanitizer dalam skala besar.*

[unpad.ac.id, 1/4/2020] Universitas Padjadjaran menerima bantuan dari PT. Pertamina Persero dalam mendukung penanganan wabah pandemi Coronavirus (COVID-19). Bantuan tersebut berupa cairan etanol sebanyak 2.000 liter sebagai bahan baku pembuatan penyanitasi tangan (hand sanitizer) produksi Unpad.

Bantuan etanol diterima secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., di Laboratorium Sentral kampus Unpad, Jatinangor, Selasa (31/3). Dalam pemanfaatannya, 1.000 liter etanol akan digunakan untuk produksi hand sanitizer di Lab Sentral.

Sementara sisanya akan didistribusikan ke fakultas yang juga memproduksi hand sanitizer, yaitu Fakultas Kedokteran, Keperawatan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Farmasi, Peternakan, dan Teknologi Industri Pertanian.

(baca juga: Peneliti Lab Sentral Unpad Kembangkan Hand Sanitizer dengan Formula Potensial)

Dengan adanya bantuan bahan baku etanol ini, Unpad diharapkan dapat memproduksi hand sanitizer dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat didistribusikan kepada yang membutuhkan, utamanya fasilitas kesehatan. Selain digunakan untuk lingkungan kampus, hand sanitizer produksi Unpad juga telah didistribusikan ke sejumlah fasilitas umum, seperti Rumah Sakit AMC Cileunyi, Polsek Jatinangor, Polsek Coblong di Dipati Ukur, kantor Kecamatan Jatinangor, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, serta Unpad Training Center.(am)*

 

 

Share this: