Logo Unpad.*

Laporan oleh Arif Maulana

Logo Unpad.*

[unpad.ac.id, 7/4/2020] Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan jadwal terbaru pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020. Setelah sempat dilakukan penundaan, pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilakukan mulai 2 – 20 Juni mendatang.

Jadwal terbaru UTBK tersebut sesuai dengan Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal UTBK 2020. Perubahan dilakukan mengingat Indonesia tengah menghadapi masa kedaruratan akibat wabah Coronavirus (COVID-19).

“Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali pelaksanaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan,” tulis Ketua Tim Pelaksana LTMPT Prof. Mohammad Nasih.

Dengan demikian, pada saat mendaftar UTBK, peserta juga sekaligus memilih PTN dan program studi sesuai dengan mekanisme pendaftaran SBMPTN. Hal ini dilakukan mengingat mundurnya waktu pelaksanaan, sehingga mekanisme pendaftaran harus disesuaikan.

Hasil UTBK sendiri tidak akan diumumkan. Namun, peserta dapat langsung mengetahui pengumuman kelulusan SBMPTN.

Selain jadwal, ada beberapa mekanisme UTBK yang juga mengalami penyesuaian. Dalam surat tersebut disebutkan, materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS). Setiap peserta UTBK juga hanya diizinkan mengikuti UTBK maksimal 1 kali tes.

Pelaksanaan UTBK sendiri akan digelar pada 5 – 12 Juli 2020. Setiap harinya, UTBK digelar dalam 4 sesi. Pengumuman SBMPTN sendiri akan dibuka pada 25 Juli 2020.(am)*

 

Share this: