Unpad Gelar Tes Kemampuan Bahasa Inggris Secara Daring

Laporan oleh Arif Maulana

TKBI; SMUP; masuk unpad;

Peserta sedang bersiap mengikuti Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) secara daring yang digelar Universitas Padjadjaran melalui Fakultas Ilmu Budaya, Jumat (22/5). (Foto: Dadan Triawan)*

[unpad.ac.id, 22/5/2020] Universitas Padjadjaran melalui Fakultas Ilmu Budaya menyelenggarakan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) secara daring, Jumat (22/5). Sebanyak 475 peserta mengikuti TKBI daring tersebut.

Ketua panitia TKBI Daring Unpad Dr. Ekaning Krisnawati, M.Hum., mengungkapkan, pelaksanaan TKBI secara daring digelar untuk mengakomodasi kebutuhan akan sertifikasi kemampuan bahasa Inggris di tengah masa pandemi Covid-19, khususnya bagi pendaftar Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Dengan demikian, peserta dapat melakukan tes tanpa harus mendatangi lembaga penyedia TKBI.

“Tes ini terutama untuk memenuhi kebutuhan internal Universitas Padjadjaran,” ujar Dr. Ekaning.

Peserta yang mengikuti TKBI daring di Unpad sebelumnya sudah mendaftarkan diri melalui tautan yang diumumkan pada laman SMUP. Peserta kemudian mendapatkan kartu peserta yang berisi Nomor Peserta Ujian dan PIN. Nomor peserta dan PIN berfungsi sebagai akses untuk masuk ke laman tes di https://ujian.unpad.ac.id/.

Dr. Ekaning menjelaskan, setiap peserta memiliki waktu sekira 115 menit untuk mengerjakan soal. Hasil tes ini akan keluar dalam dua hari kerja.*