Dua Mawapres Unpad Siap Jalani Seleksi Lanjutan Menuju Pilmapres Nasional

Laporan oleh Artanti Hendriyana

mawapres unpad;

Kiri ke kanan: dua mahasiswa berprestasi Unpad, Shofie Ashyfa Natasya Salsabila dan Nur’aini Exie Kusuma Wardani.*

[unpad.ac.id, 15/6/2020] Shofie Ashyfa Natasya Salsabila (Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi) dan Nur’aini Exie Kusuma Wardani (Kebidanan Fakultas Kedokteran) terpilih menjadi mahasiswa berprestasi tingkat Universitas Padjadjaran. Hasil Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Unpad diumumkan oleh Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T.,melalui aplikasi Zoom, Sabtu (13/6).

Shofie terpilih sebagai mawapres tingkat universitas untuk program Sarjana. Sementara Exie terpilih sebagai mawapres untuk program Diploma.

Ketua Pelaksana/Tim Juri Pilmapres Unpad 2020 Dr. Yus Nugraha, M.A., Psikolog, mengatakan bahwa kedua mahasiswa tersebut terpilih atas sejumlah keunggulan yang dimiliki. Penilaian sendiri meliputi karya tulis ilmiah, bahasa Inggris, prestasi atau kegiatan yang diunggulkan (KU), dan aspek kepiribadian.

“Aspek utama yang menjadi prioritas adalah prestasi atau kegiatan yang diunggulkan terlebih dahulu, karena aspek ini merupakan aspek obyektif yang harus dibuktikan dengan fakta autentik. Penilaian KU ini sangat rinci sesuai pedoman,” jelas Dr. Yus saat dihubungi Kantor Komunikasi Publik (KKP) Unpad, Minggu (14/6).

Di tingkat Unpad, Pilmapres diikuti secara daring oleh 21 mahasiswa dari 16 fakultas. Jumlah tersebut  terdiri dari 18 mahasiswa Sarjana dan 3 mahasiswa Diploma.

Seleksi daring Pilmapres Unpad dilakukan pada 4-6 Juni 2020 lalu. Pada 7 Juni 2020, ditetapkan 3 peserta terbaik Sarjana dan 2 peserta terbaik Diploma. Selanjutnya, 5 peserta tersebut menjalani pemantapan secara daring hingga terpilih Shofie mahasiswa berprestasi Sarjana dan Exie mahasiswa berprestasi Diploma.

Terpilih menjadi mahasiswa berprestasi Unpad, Shofie dan Exie akan mengikuti seleksi selanjutnya untuk menuju Pilmapres tingkat nasional.

“Wakil Unpad saat ini, Shofie dan Exie tidak langsung mewakili Unpad ke Nasional, tetapi akan masuk ke PTP-1, dengan terlebih dahulu harus lolos Computer Based Test (CBT) 2 materi, bahasa Inggris dan wawasan kebangsaan , plus verifikasi portofolio prestasi,” jelasnya.

Dr. Yus berharap, Shofie dan Exie akan terus menunjukkan penampilan terbaiknya di setiap tahapan seleksi dan dapat berkiprah di tingkat nasional. Ke depannya, mahasiswa Unpad diharapkan terus menunjukan prestasi terbaik, bukan hanya untuk Pilmapres, juga untuk ajang kemahasiswaan lainnya.(am)*