Ikut Kompetisi Secara Daring, Tiga Mahasiswa Biologi Unpad Juara III LKTI Permira 2020

Rilis

biologi

Tiga mahasiswa Biologi Universitas Padjadjaran yang tergabung dalam tim “Isthmus”

[unpad.ac.id, 24/6/2020] Tim Isthmus Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) “Permira” 2020 yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia, 28 Mei lalu. Lomba karya tulis ilmiah ini memanfaatkan platform Google Meet sebagai media presentasi.

Tim Isthimus yang terdiri dari tiga mahasiswa Biologi Unpad, yaitu Refani Dwiyani, Nurul Khofifah, dan Mutia Oktaviani mengangkat judul “Aplikasi CALCIA (Physical Distancing Alarm) Berbasis  GPS untuk Mendukung Protokol Pencegahan Covid-19”. Pada kompetisi tersebut, tim meraih juara III dengan total nilai sebesar 422,8 poin.

Nurul Khofifah dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad menjelaskan, tema yang diangkat oleh tim ini selaras dengan tema kegiatan, yaitu “Peran Generasi Milenial dalam Meningkatkan Daya Saing Global di Era Revolusi Industri 4.0”. Tema ini kemudian diintegrasikan dengan situasi pandemi Covid-19 yang tengah mewabah saat ini.

“Gagasan aplikasi ini menjadi solusi efektif untuk menekan peran masyarakat dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol physical distancing. Respons positif diberikan oleh ketiga juri terhadap gagasan ini dan berharap gagasan ini dapat direalisasikan,” tulis Nurul.

Di bawah bimbingan Dosen Biologi Unpad Ruly Budiono, M.S., tim dinyatakan masuk sebagai 10 finalis terpilih di antara 48 peserta yang ikut. Sebagai finalis, tim berkesempatan mempresentasikan gagasannya di hadapan para juri melalui Google Meet.

Meskipun para tim bukan berasal dari prodi yang memiliki keterkaitan di bidang teknologi informasi, bukan menjadi penghalang untuk berprestasi. “Semoga prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa Unpad untuk ikut berkompetisi di berbagai acara ilmiah dan tetap produktif dalam kondisi pandemi ini,” pungkas Nurul.(art)*