Tingkatkan Kompetensi, Tenaga Kependidikan Unpad Ikuti Pelatihan Pengelolaan “Website”

Suasana pembukaan pelatihan

Laporan oleh Artanti Hendriyana

kampus unpad;
Suasana pembukaan Pelatihan Pengelolaan Website yang digelar secara daring, Rabu (3/6).*

[unpad.ac.id, 3/6/2020] Sebanyak 62 tenaga kependidikan Universitas Padjadjaran mengikuti Pelatihan Pengelolaan Website yang digelar secara daring mulai Rabu (3/6) hingga Senin (22/6). Sejumlah direktorat berkolaborasi dalam pelatihan ini dengan fasilitasi penuh Direktorat Sumber Daya Manusia dan Pusat Asesmen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Unpad.

Kepala Pusat Asesmen dan Pengembangan SDM Unpad Nurul Yanuarti, M.Si., menjelaskan, pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi tenaga kependidikan yang akan memegang posisi sebagai pengelola laman (website). Posisi ini memegang peranan penting dalam mendukung pencapaian Unpad masuk sebagai 500 peringkat perguruan tinggi kelas dunia.

Website merupakan sarana penting untuk branding institusi Unpad ke tingkat dunia,” ujar Nurul saat membuka pelatihan melalui aplikasi Google Meet, Rabu (3/6).

Agar mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan pengelola laman yang kompeten, profesional, dan terstandar internasional. Nantinya, pengelola akan bertugas mengabarkan bagaimana kondisi Unpad saat ini, orientasi ke depan, hingga beragam prestasi yang sudah diraih Unpad melalui laman.

“Karena itu, konten website itu harus dikemas secara menarik dan dapat terindeks Google,” ujar Nurul.

Ada berbagai materi yang disampaikan pada pelatihan ini. Materi tidak hanya seputar teknologi laman, tetapi juga seputar publikasi di laman insitusi, pengemasan informasi melalui media sosial dan multimedia, hingga materi mengenai Search Engine Optimization (SEO).

Materi mengenai teknologi laman disampaikan oleh tim dari Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi. Sementara materi mengenai publikasi informasi di laman, media sosial, dan multimedia disampaikan oleh tim dari Kantor Komunikasi Publik bersama sejumlah praktisi media. Adapun materi mengenai SEO disampaikan oleh Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unpad Kasno Pamungkas, M.Hum.

Tidak hanya mendapatkan materi, peserta juga akan diberikan tugas mandiri dan praktik yang dipandu oleh sejumlah mentor. Pelaksanaan pelatihan dilakukan melalui aplikasi Google Classroom, Google Meet, dan Grup Whatsapp.(am)*

Share this: