Sastra Inggris

Akreditasi: A
E-mail: english.fib@unpad.ac.id
Fakultas: Ilmu Budaya
Website: http://english.fib.unpad.ac.id/

Deskripsi:

Program studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran mengantongi izin operasional pada tanggal 21 September 2007 dengan Nomor SK Izin Operasional 146/DIKTI/Kep/2007. Berdasarkan keputusan BAN-PT No. 1778/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2017, Program Studi Sastra Inggris ditetapkan terakreditasi dengan meraih nilai Akreditasi “A” yang berlaku selama 5 (lima) tahun sejak tanggal 6 Juni 2017 sampai dengan 6 Juni 2022. Program studi ini terletak di kampus Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor.

Kurikulum:

Pengajaran di prodi Sastra Inggris terbagi atas Kemahiran Berbahasa Inggris, Kemahiran Menerjemahkan, Pengutamaan Linguistik, dan Pengutamaan Sastra. Dalam Kemahiran Berbahasa Inggris, mahasiswa dilatih empat komponen kemahiran berbahasa yaitu listening, reading, writing, dan speaking.

Pada Kemahiran Menerjemahkan, mahasiswa dilatih menerjemahkan teks baik berbahasa Inggris maupun teks berbahasa Indonesia yang terbagi ke dalam General English-Indonesian Text, Specific English-Indonesian Text, dan Scientific English-Indonesian Text. Selain mahir menerjemahkan secara praktis, sebagai pengayaan dan pemahaman keilmuan, mahasiswa dapat memilih Mata Kuliah Interpreting dan Translation Studies.

Di semester 7, mahasiswa dapat memilih Mata Kuliah Pengutamaan sesuai dengan minat mereka, yaitu Pengutamaan Linguistik dan Pengutamaan Sastra. Dalam Pengutamaan Linguistik, mahasiswa dilatih untuk dapat berpikir logis analitis dengan cara mengamati gejala kebahasaan di masyarakat penutur bahasa Inggris melalui tuturan/struktur/makna dalam karya film berbahasa Inggris, talkshow, novel, majalah, surat kabar berbahasa Inggris, dan/atau percakapan antarpenutur bahasa Inggris, menggunakan metode, ancangan, dan teori-teori kebahasaan.

Mahasiswa yang memilih Pengutamaan Linguistik juga diharapkan dapat mengasah kemampuan berinteraksi dengan bidang ilmu lain sehingga dapat melakukan penelitian kebahasaan lintas disiplin ilmu. Dalam Pengutamaan Sastra, mahasiswa dilatih untuk menganalisis dan menjabarkan karya sastra berbahasa Inggris dalam beragam genre dengan menggunakan beberapa teori/metode/pendekatan kajian karya sastra dan mengaitkannya dengan isu sosiokultural global.

Gelar yang diperoleh oleh para lulusan ialah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

Prospek Kerja:

Lulusan Program Studi Sastra Inggris FIB Unpad diserap di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta. Bidang pekerjaan yang digeluti lulusan beragam, di antaranya: Languange Assistant sebagai copywriter, translator, interpreter; bidang Jurnalistik sebagai editor dan wartawan dengan kemampuan menulis maupun berbicara; hingga bidang pengajaran seperti pengajara bahasa Inggris di bidang formal maupun nonformal. Bidang strategis lainnya yang bisa digeluti adalah staf di instansi pemerintahan dan pelaku usaha.*

Buku Pedoman Akademik Program Studi S1 Sastra Inggris Tahun Akademik 2017-2018