Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2016

Virtual Event

Kesehatan gigi dan mulut masih menjadi salah satu aspek yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, kemampuan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut baru sebesar 8,1%. Hal ini diperparah dengan perilaku menyikat gigi di waktu yang tepat dan dengan cara yang tepat hanya dilakukan oleh sekitar 2,3% masyarakat. Padahal banyak masalah kesehatan gigi dan mulut yang dapat dicegah dengan cara menyikat gigi yang baik dan kunjungan rutin 6 bulan sekali ke dokter gigi.

bkgn-leaflet-iTidak mengherankan jika kita melihat data penyakit gigi dan mulut yang dilaporkan menimpa 25,9% masyarakat. Angka ini diperkirakan lebih tinggi pada kenyatannya karena masyarakat cenderung mengabaikan ketidaknyamanan pada gigi dan mulut mereka sehingga tidak tercatat dalam survei tersebut. Masalah kesehatan gigi dan mulut ini berdampak baik bagi anak-anak maupun dewasa.

Salah satu upaya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut serta meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai tindakan pencegahan penyakit gigi dan mulut adalah melalui pelaksanaan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN). BKGN merupakan bentuk program yang dilaksanakan sebagai tanggung jawab sosial (CSR) PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui brand Pepsodent dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI). BKGN 2016 melibatkan 30 PDGI cabang Kota/Kabupaten yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. BKGN 2016 juga dilaksanakan di 21 Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di seluruh Indonesia.

Penyelenggaraan BKGN di Bandung dipusatkan di FKG Unpad – RSGM (Rumah Sakit Gigi dan Mulut) Unpad. Pada tahun ini adalah untuk yang ke-7 kalinya, dan akan diadakan pada tanggal 24-26 Oktober 2016 di RSGM UNPAD Jl. Sekeloa Selatan 1 Bandung mulai pukul 08.00-15.00 WIB dengan melibatkan tenaga dokter gigi, dokter gigi spesialis, koas dan mahasiswa, residen, perawat dan tenaga administrasi.

BKGN 2016 menekankan pentingnya peran orang tua terhadap kesehatan gigi dan mulut anak. BKGN 2016 mengedukasi orang tua, terutama ibu, untuk mengenali dan mencegah kebiasaan anak yang bisa berdampak buruk. Para orang tua, bisa memanfaatkan BKGN untuk memeriksakan kondisi gigi dan mulut keluarga. Dokter gigi dan tenaga medis di BKGN siap melayani konsultasi untuk merawat kesehatan gigi anak dan orangtua.

Share this: