Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran Jawa Barat (ASUP JABAR)

Alamat             : Gedung 2 Lt. 3 Kampus Universitas Padjadjaran Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung

Telepone         :

Faksimile         :

E- mail             : asup.jabar@unpad.ac.id

Website           : asupjabar.unpad.ac.id

Sebagai perguruan tinggi yang lahir di Tatar Pasundan, Universitas Padjadjaran berkomitmen memajukan kapasitas wilayah-wilayah di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Propinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, yakni 43 juta jiwa atau setara 20% dari total penduduk Indonesia ini memiliki posisi strategis dalam aspek pembangunan nasional.

Walaupun memiliki posisi strategis, Jabar memiliki masalah-masalah yang cukup kompleks dan hal tersebut mesti diselesaikan. Alasan inilah yang mendorong Unpad mengembangkan program Unpad Nyaah ka Jabar sejak tahun 2013. Dalam perkembangannya, program yang awalnya diperuntukkan untuk program afirmasi pendidikan kemudian berkembang lebih komprehensif pada sektor lainnya dengan tetap melalui pendekatan akademik. Implementasi dari program tersebut adalah  diluncurkannya Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran – Jawa Barat (ASUP Jabar).

Program ini terfokus pada penguatan kapasitas sumber daya manusia di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Dengan fokus penguatan terhadap kapasitas SDM,  dan pelaksanaan pembangunan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, harapannya program ini juga akan berjalan dengan baik. Program-program tersebut menjadi salah satu tugas Unpad melalui kegiatan yang tercakup dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Dan upaya penguatan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap wilayah.

Selain untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, program ini juga  bertujuan membangun konektivitas antar wilayah. Unpad sendiri telah menempatkan tiap-tiap koordinator di satu Kota/Kabupaten. Koordinator ini yang akan menjadi fasilitator dan penghubung dengan koordinator wilayah lainnya. Dengan demikian, kerja sama antar wilayah akan semakin mudah dilakukan. Kegiatan melalui program ini merupakan upaya peningkatan potensi Jawa Barat di kancah nasional, regional, maupun global.