FIB Unpad Gelar Kuliah Umum oleh Qaisra Shahraz

[unpad.ac.id,23/10/2017] Dalam rangka Dies Natalis ke-59, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan Penerbit Mizan menggelar kuliah umum “Building Cultural Bridges and Fighting for Women’s Right through Literature” oleh Qaisra Shahraz, seorang penulis asal Inggris dengan karya best seller Revolt & Train to Krakow.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unpad Yuyu Yuhana Risagarniwa, PhD, (kedua dari kiri) saat memberikan cenderamata kepada Qaisra Shahraz, seorang penulis asal Inggris dalam kuliah umum yang digelar di Pusat Studi Bahasa Jepang Kampus FIB Unpad, Jatinangor, Kamis (19/10).*

Kuliah umum ini digelar di Pusat Studi Bahasa Jepang Kampus FIB Unpad, Jatinangor, Kamis (19/10).

Dalam paparannya, Qaisra menyampaikan bahwa pendidikan adalah pilar utama bagi kehidupan manusia. Semua manusia berhak mendapat pendidikan sesuai dengan yang diinginkannya. Qaisra juga berbicara bahwa sebuah karya mampu menjadi jembatan antarbudaya di seluruh dunia. karya dapat mengajarkan agaimana menghargai perbedaan yang ada dalam masyarakat.

Qaisra melanjutkan, toleransi terhadap perbedaan dapat dilakukan dengan cara memandang perbedaan sebagai manusia dan ciptakan out of the box.

“Kita bisa saja melihat tanah, sebagai tanah, tapi orang lain bisa saja menganggapnya sebagai ‘mother earth’, dan menanggapi perbedaan tersebut kita harus menerimanya dan menghargainya, bukan menolaknya karena hal tersebut berbeda dengan keyakinan kita”, jelasnya.

Dikusi tentang kesetaraan gender tersebut mendapat sambutan sangat baik oleh Dekan FIB Unpad, karena topik yang dibawakan sangat sesuai dengan amanah Universitas Padjadjaran kepada Dosen FIB Unpad untuk mengampu Tahap Persiapan Bersama (TPB) bagi mahasiwa baru yang membahas tentang kesetaraan gender.*

sus&jhs/FIB/am