Klinik Tanaman Unpad Lakukan Pengabdian di Sumedang

[unpad.ac.id, 16/8/2018] Himpunan Klinik Tanaman Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Padjadjaran menggelar penyuluhan bertema “Pengendalian Lalat Buah pada Tanaman Cabai dengan Menggunakan Atraktan” di Dusun Pasirkaliki, Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang,  Senin (23/7) lalu.

Dosen Fakultas Perttanian Unpad Dr. Agus Susanto, SP., M.Si., saat menyampaikan materi mengenai pemanfaatan Atraktan sebagai upaya pengendalian lalat buah. Dusun Pasirkaliki Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, pada Senin, 23 Juli 2018 lalu.*

Penyuluhan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan 15 Tahun Klintan Mengabdi. Bertindak sebagai pemateri adalah Dr. Agus Susanto, SP., M.Si.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Agus menyampaikan materi mengenai pemanfaatan Atraktan sebagai upaya pengendalian lalat buah. Dusun Pasirkaliki sendiri diketahui menjadi salah satu dusun potensial dalam memproduksi cabai dan tomat yang rentan terjangkit lalat buah.

Sebagai upaya pengendalian lalat buah, masyarakat masih mengandalkan pestisida untuk mengendalikan hama tersebut. Dengan demikian dibutuhkan adanya edukasi tentang pengendalian alternatif yang ramah lingkungan dan dapat menekan pemberian pestisida secara berlebihan.

Para peserta pun terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut, terlihat dari peran aktif masyarakat dalam bertanya dan banyaknya jumlah peserta yang hadir. Sejumlah dosen Fakultas Pertanian Unpad pun turut hadir dalam acara ini.*

Rilis/art