Mahasiswa Fapet Unpad Berkontribusi Ajak Masyarakat Bandung Barat Gemar Minum Susu

[unpad.ac.id, 15/01/2018] Konsumsi susu di masyarakat Indonesia terbilang rendah. Padahal mengonsumsi susu sejak dini diyakini dapat memperkuat pertumbuhan tulang, sehingga membuat tulang semakin padat dan terhindar dari osteoporosis. Namun, faktanya, konsumsi susu di Indonesia masih terbilang rendah.

Bupati Bandung Barat Drs. H. Abu Bakar, M.Si., (tengah, berkemeja putih) mengajak masyarakat Kabupaten Bandung Barat untuk minum susu bersama dalam acara sosialisasi “Gerakan Gemar Minum Susu” yang digelar di Kantor Bupati Bandung Barat, Padalarang, 22 Desember 2017 lalu. Acara ini diinisasi Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan sejumlah mahasiswa Fakultas Peternakan Unpad.*

Hal ini mendorong sejumlah mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran untuk mengampanyekan gerakan minum susu kepada masyarakat. Melalui kampanye bertajuk “Gerakan Gemar Minum Susu” (Gerimis), mahasiswa sukses mengajak masyarakat di Kabupaten Bandung Barat untuk bersama-sama minum susu.

Bertempat di Kantor Bupati Bandung Barat, Padalarang, 22 Desember 2017 lalu, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat dan sejumlah mahasiswa Fapert Unpad menggelar sosialisasi minum susu kepada 2.000 partisipan. Partisipan tersebut terdiri atas kalangan anak-anak, remaja, hingga kelompok dewasa se-kabupaten Bandung Barat.

Rangkaian acara diawali dengan senam bersama menggunakan lagu “Gemar Minum Susu”. Senam ini dipimpin oleh perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga sebagai bentuk kerjasama antar dinas pemerintah.

Acara selanjutnya diselenggarakan gelar wicara dengan tema “Pentingnya Konsumsi Susu Guna mengedukasi Anak-Anak dan Orang Tua” dengan pembicara dari Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung Barat.

Salah satu materi yang disampaikan dalam gelar wicara tersebut yaitu pentingnya mengonsumsi susu murni dibanding susu kemasan. Ini disebabkan kandungan pada susu kemasan banyak ditambah dengan gula, perasa, dan zat tambahan lainnya, sehingga menyebabkan kandungan gizi dalam susu tersebut akan berkurang.

Selanjutnya, Bupati Bandung Barat Drs. H. Abu Bakar, M.Si., memandu partisipan untuk minum susu bersama. Setiap partisipan diberi dua susu murni dan satu telur gratis. Lagu “Gemar Minum Susu” pun kembali dinyanyikan dan dipandu oleh para mahasiswa Fapet Unpad.

Susu yang diberikan merupakan hasil dukungan dari kelompok Industri Pengolah Susu (IPS) di wilayah Bandung dan sekitarnya. Selain memberikan susu, kegiatan ini juga menjadi wadah bagi kelompok IPS untuk mengenalkan berbagai produknya, mulai dari susu murni hingga produk yoghurt.

Adapun tim mahasiswa Unpad yang terlibat dari acara tersebut berasal dari anggota UKM Cattle Buffalo Club (CDC) Fapet Unpad dan Kelompok Studi Profesi Ternak Perah (KSPTP) Unpad. Mahasiswa juga berharap kegiatannya dapat diselenggarakan di tempat lain dengan melibatkan partisipan yang lebih besar.

Rilis: Renodipta/am