Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Angkatan FKG Unpad 2017

Sabtu (1/4/2017), Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Angkatan (Porsenang) kembali diadakan di kampus Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, Jatinangor. Tahun ini, masih dengan konsep yang sama yaitu Time Traveler, Porsenang 2017 mengangkat tema ‘Jaman Purba’.

SONY DSC

Salah satu acara terbesar internal FKG Unpad ini rutin diadakan satu kali setahun. Program kerja tersebut, yang berada di bawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa Kema FKG Unpad, merupakan tender untuk angkatan 2014. Namun berbeda dari yang sebelumnya, panitia acara Porsenang kali ini melibatkan partisipasi dari angkatan 2016 dan 2015.

“Yang terlibat itu semua pihak sebenarnya. Baik itu dari BEM, jadi kita itu di bawah naungan BEM. Sekarang emang yang megangnya tuh rata-rata 2014, tapi kita di sini juga panitianya ada 2016 maupun 2015,” ujar Dita Amalia (FKG 2014) selaku ketua Porsenang 2017, saat ditemui di acara pembukaan.

Kegiatan pembukaan Porsenang 2017 merupakan bentuk seremonial dimulainya kegiatan pekan olahraga dan seni antar angkatan di FKG Unpad. Acara tahun ini diisi dengan penampilan aerobik dari tiap angkatan, berbagai jenis games, dan beberapa penampilan dari Kelompok Kegiatan Mahasiswa (KKM) yang ada di FKG Unpad seperti tari tradisional, perkusi, modern dance, dan paduan suara. Kegiatan Porsenang sendiri diikuti oleh mahasiswa preklinik, mahasiswa klinik, residen, dan juga dokter.

Rika Ramadhanti (FKG 2015), yang mengikuti permainan Mummy Escape dalam pembukaan Porsenang 2017 memberikan tanggapannya, “Acaranya seru. Nunjukin kalau kita itu emang peduli sama angkatan dan bisa lebih mengenal sama angkatan yang lain juga. Buat temanya juga bagus, nggak susah. Tapi tetap dapat acaranya.”

Rangkaian Porsenang 2017 sendiri akan berlangsung selama hampir dua bulan ke depan. Tepatnya dari tanggal 1 April 2017 sampai dengan 20 Mei 2017.

“Nanti ada closing di tanggal 20,” kata Dita. “Tapi rahasia. Itu nanti kita kasih taunya deket-deket,” jawabnya ketika ditanya mengenai konsep untuk penutupan Porsenang bulan Mei mendatang.

Beberapa cabang olahraga dan seni yang diperlombakan dalam Porsenang kali ini ada basket, futsal, badminton, fotografi, dan Dentistry Got Talents. Dita mengatakan bahwa tujuan diadakannya Porsenang ini yaitu untuk meningkatkan potensi diri masing-masing, mempererat antar angkatan, serta menjalin silaturahmi. Sedangkan mengenai antusiasme Kema sendiri, Dita mengaku hal tersebut belum terlalu kelihatan karena masih berupa acara pembukaan. Tetapi dari persiapan penampilan yang diwajibkan kepada tiap angkatan, Kema cukup antusias untuk mengikuti kegiatan.

“Kalau untuk persiapan opening kita ngelihat antusiasnya baik itu dari latihan aerobik maupun dari oprec (open recruitment) yang kita kasih, mereka cukup ada antusiasnya. Cuma kalau untuk datang kita belum tahu karena baru opening,” tutur Dita.

Red:Winda Rahma 160110150060 ;Aulia Fatimah 160110140067