D-IV Bahasa dan Budaya Tiongkok

Akreditasi: C
Email: prodi.d4tiongkok.unpad@gmail.com
Fakultas: Ilmu Budaya
Website:

Deskripsi:
Program studi D-IV Bahasa dan Budaya Tiongkok Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran berdiri pada 12 Juli 2016. Program studi ini memiliki visi menjadi program studi unggul berbasis bahasa dan budaya Tiongkok dalam bidang pariwisata yang mampu bersaing di tingkat nasional dan regional pada tahun 2024.

Pendidikan di program Diploma IV atau Sarjana Terapan difokuskan pada pendidikan vokasional. Jika pada pendidikan Sarjana Reguler lebih menitikberatkan pada kemampuan akademik, maka pendidikan Diploma IV menitikberatkan pada kemampuan praktik. Penyelenggaraan program terapan ini bertujuan untuk menyediakan sumber daya manusia kompeten di bidang profesional terapan.

Kurikulum:
Secara garis besar, capaian pembelajaran program Diploma IV Bahasa dan Budaya Tiongkok Unpad mengedepankan pada integrasi pembentukan karakter dan pengetahuan, dengan dibekali kemampuan umum dan khusus. Kemampuan umum dan khusus yang diberikan meliputi:

Keterampilan Umum
1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus
1. Mampu mengembangkan keahlian dalam bidang bahasa dan budaya Tiongkok dalam berbagai bidang kehidupan;

2. Mampu mengaplikasikan teori bidang bahasa dan budaya Tiongkok, khususnya dalam bidang pariwisata;

3. Mampu melakukan riset melalui pemanfaatan ipteks dalam bidang bahasa dan budaya Tiongkok dalam upaya penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi dengan situasi yang dihadapi;

4. Memiliki tanggung jawab pada pekerjaan di bahasa dan budaya Tiongkok serta mampu mencapai hasil kerja organisasi secara profesional;

5. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan hasil kajian dan teori yang dikuasainya berkaitan dengan bidang bahasa dan budaya Tiongkok;

6. Mampu mengembangkan karier dan memiliki profesionalisme tinggi dan unggul dalam bidang bahasa dan budaya Tiongkok.

Bentuk pembelajaran yang dilakukan meliputi: Kuliah, respons dan tutorial, seminar, praktikum, praktik studi, praktik bengkel, dan praktik lapangan.

Prospek Kerja:
1. Penutur (komunikator) Bahasa Tiongkok Penutur Bahasa Tiongkok: penutur Bahasa Tiongkok secara lisan dan tulisan setara minimal mencapai New HSK level 5 dan HSKK level intermediate;
2. Penerjemah Mampu menerjemahkan dari Bahasa Tiongkok ke Bahasa Indonesia, dan/atau dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Tiongkok; dan
3. Pemandu Wisata Mampu melaksanakan kegiatan pemanduan wisata, terutama melayani wisatawan yang berbahasa Tiongkok.*