Akuntansi

Akreditasi: A
E-mail: communication@fe.unpad.ac.id
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis
Website: http://akuntansi.fe.unpad.ac.id

Deskripsi:
Akuntansi adalah proses mencatat, mengklasifikasi dan merangkum  informasi finansial yang berkaitan dengan semua transaksi dan kejadian di perusahaan serta menyajikannya untuk dapat dipahami oleh penggunanya, baik pihak internal (manajer) maupun eksternal perusahaan (pemegang saham, calon investor, dll). Jika dilihat dari pengertian tersebut, praktisi akuntansi merupakan orang yang paling tahu mengenai aspek internal perusahaan, bahkan bisa memprediksi kinerja perusahaan berdasarkan informasi tersebut. Oleh karena itu, profesi di bidang akuntansi termasuk profesi yang mendapatkan bayaran tinggi dan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan. Dalam akuntansi terdapat beberapa sub-bidang seperti Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Syariah dan Perpajakan.

Program studi Sarjana Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai seorang profesional di bidang Akuntansi. Pengetahuan yang harus dimiliki adalah: ilmu akuntansi, keuangan dan ilmu pengetahuan terkait lainnya, pengetahuan mengenai kegiatan bisnis dan pengorganisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi.

Keterampilan yang harus dimiliki adalah: Intellectual skills, Technical and functional skills, Personal skills, Interpersonal and communication skills dan Organizational and business management skills. Sikap yang harus dimiliki adalah nilai dan perilaku yang mengarah kepada komitmen untuk: kepentingan publik dan sensitifitas terhadap tanggung jawab sosial; pengembangan diri dan belajar terus menerus; dapat diandalkan, bertanggung jawab, tepat waktu dan saling menghargai; hukum dan peraturan yang berlaku.

Kompetensi yang dituntut dari seorang sarjana akuntansi profesional merujuk kepada standar internasional pendidikan akuntansi (International Education Standards/IES) yang telah ditetapkan oleh International Federation of Accountants (IFAC) dan berlaku efektif sejak tahun 2005. Standar kompetensi berbasis IES mencakup dimensi Knowledge (pengetahuan), Skills (keterampilan) dan Professional Attitudes and Ethics (Sikap dan Etika). Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ekonomi (SE.).

Prospek Kerja:
Lulusan Program Studi Sarjana Akuntansi dapat berkarir sebagai Junior Auditor di Kantor Akuntan Publik; Analis sistem / proses bisnis dan  Pengembang Sistem Informasi Akuntansi dan serta manajer tingkat pertama di bidang Akuntansi, Perpajakan, dan Keuangan di berbagai perusahaan bisnis, maupun di instansi pemerintahan,  dapat pula berprofesi sebagai tenaga pendidik untuk mengajar ilmu akuntansi baik sebagai guru maupun asisten dosen.

Tautan

 

 

Media Sosial