Ekonomi Pembangunan

Akreditasi: A
E-mail: communication@fe.unpad.ac.id
Fakultas: Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Website: http://iesp.fe.unpad.ac.id

Deskripsi:
Di program studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad, mahasiswa akan diberikan wawasan mengenai isu-isu yang berkaitan dengan pembangunan sosial dan ekonomi di negara berkembang, yang akan mengembangkan mahasiswanya menjadi seorang pengambil keputusan yang lebih baik baik di dunia bisnis maupun untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Jika anda berhasil menyelesaikan pendidikan di program studi ini maka kompetensi utama yang akan anda miliki diantaranya adalah:

  1. Mampu memecahkan masalah ekonomi dengan menggunakan penalaran analitis yang logis dan ilmiah.
  2. Menerapkan analisis ekonomi untuk berbagai macam isu ekonomi dengan menggunakan teori dasar ilmu ekonomi dan teknik dasar estimasi empiris untuk menguji prediksi ekonomi
  3. Mampu memahami dan mengevaluasi kebijakan pemerintah dan kaitannya terhadap dunia usaha.
  4. Mampu mengkomunikasikan analisis ekonomi dengan cara yang koheren di jurnal ilmiah  ataupun di media masa.

Selain pengembangan yang sifatnya akademik melalui perkuliahan, FEB Unpad juga berupaya mengembangkan soft skill dari mahasiswa melalui  telah mengembangkan Program The Champion untuk mengedukasi dan mengembangkan kemampuan berpikir mahasiswa agar dapat bersaing dalam berbagai kompetisi, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Setelah lulus dari program studi Ekonomi Pembangunan FEB Unpad, gelar yang akan diperoleh untuk para lulusan adalah adalah Sarjana Ekonomi (SE.).

 

Prospek Kerja:
Lulusan program studi Ekonomi Pembangunan FEB Unpad memiliki prospek kerja di berbagai instansi pemerintahan dan lembaga negara (BPK, Bappenas), Bank Indonesia, Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, sebagai perencana pertama, asisten peneliti, asisten analis kebijakan, ekonom pendidik (mengajar ilmu ekonomi sebagai guru atau asisten dosen), analis data, analis pasar, analis bisnis dan keuangan, pengusaha, serta profesi lain yang relevan dengan bidang pengetahuan dan keahlian ilmu ekonomi seperti ekonomi syariah, ekonomi lingkungan, ekonomi kesehatan, dan ekonomi kependudukan.

Dengan demikian sumber daya insani tersebut mampu bekerja di organisasi publik, swasta, atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi Ilmu Ekonomi dan/atau lainnya ke strata yang lebih tinggi. Lulusan prodi ini juga dapat bekerja di sektor swasta dan BUMN, terutama perbankan dan sektor keuangan lainnya.

Tautan

 

 

Media Sosial