Ilmu Sejarah

Akreditasi: A
E-mail: jurusan_sejarah@unpad.ac.id
Fakultas: Ilmu Budaya
Website:

Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad telah berdiri sejak tahun 1958. Di program studi ini, mahasiswa dididik dan dilatih supaya dapat merekonstruksi suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau secara kronologis dan sekaligus juga mempelajari pola-pola dan nilai-nilai perubahannya.

Hasil rekonstruksi itu kemudian disajikan supaya diketahui oleh masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut, mahasiswa dididik dan dilatih supaya dapat menyajikan hasil rekonstruksinya ke dalam bentuk yang diminatinya. Untuk itu, mahasiswa dapat memilih salah satu dari berbagai pilihan pengutamaan ketika ia memasuki semester keenam, yaitu pengutamaan teoretis dengan konsentrasi pada pendekatan sosiologi, ekonomi, politik, kebudayaan, dan penulisan biografi; dan pengutamaan praktis dengan konsentrasi kepariwisataan.

Bahasa sebagai sarana untuk penelitian dan mengkomunikasikan hasil penelitian memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, selama studi di Program Studi Ilmu Sejarah FIB Unpad, mahasiswa juga akan dididik dan dilatih supaya dapat menguasai dengan baik bahasa Indonesia secara lisan dan tulisan, bahasa Inggris dengan parameter minimal setara dengan skor TOEFL 500, dan bahasa Belanda untuk kepentingan penelitian sejarah. Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

 

Prospek Kerja:

Selain melanjutkan studi ke jenjang magister (S2), alumni program studi Ilmu Sejarah FIB Unpad dapat pula langsung mengabdikan ilmunya ke masyarakat. Beberapa profesi yang sudah dan sedang dijalani oleh alumni Program Studi Ilmu Sejarah antara lain pekerjaan-pekerjaan yang termasuk kategori pengajar (dosen, guru, pengajar di lembaga pendidikan keterampilan), peneliti (di lembaga penelitian dan litbang perusahaan), kearsipan, perpustakaan, dokumentasi, pegawai (pegawai negeri dan swasta), tentara, polisi, intelijen, wartawan media cetak dan elektronik, penulis profesional, penulis skenario film dan sinetron, fotografer profesional, camera person, analis kredit (di bank pemerintah dan swasta), editor, pengusaha (perbukuan, agroindustri, kepariwisataan), pemandu wisata, dan banyak lagi bidang-bidang lain yang dapat dijalani dan ditekuni.