Sastra Indonesia

Akreditasi: B
E-mail: -
Fakultas: Ilmu Budaya
Website: -

Deskripsi:
Program Studi  Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad merupakan program studi pertama yang dibuka di FIB Unpad. Fokus pembelajaran pada program studi ini adalah bahasa, sastra, dan budaya. Mahasiswa Sastra Indonesia juga mempelajari mata kuliah yang berkaitan dengan aspek kemahiran: kemampuan tata bahasa, komunikasi lisan dan tulisan.

Kerjasama yang dijalin dengan beberapa institusi luar negeri membuat para dosen program studi Sastra Indonesia mumpuni mengajarkan bahasa Indonesia kepada penutur asing sekaligus menjalin komunikasi budaya dengan mereka, serta memiliki wawasan internasional yang lebih baik. Begitu pun sebaliknya, kehadiran mahasiswa asing membuat mahasiswa Sastra Indonesia menjadi memiliki wawasan internasional. Gelar yang diperoleh oleh para lulusan adalah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

Prospek Kerja:

Lulusan Program Studi Sastra Indonesia dapat bekerja di berbagai institusi dengan cakupan bidang yang sangat luas.
Bidang yang relevan:  pengajar bahasa dan sastra, konsultan bahasa dan sastra,  dan peneliti pelaksana bahasa dan sastra.
Bidang yang kolaboratif: editor, wartawan, penulis, penerjemah, atase kebudayaan, diplomat, penulis naskah iklan dan skenario, dan penyulih suara.
Di luar bidang ilmu: pengusaha, karyawan bank, karyawan perusahaan swasta di bidang otomotif, perminyakan, dan  wisata,  serta pemandu wisata.