Sastra Rusia

Akreditasi: A
E-mail: rusia.unpad@gmail.com
Fakultas:
Ilmu Budaya
Website:

Deskripsi:
Program Studi Sastra Rusia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad mendidik mahasiswa untuk terampil, komunikatif, dan profesional berbahasa Rusia sesuai standar untuk memenuhi uji kompetensi level TRKI-2 (tes kemampuan bahasa Rusia untuk orang asing). Melalui kemampuan berbahasa Rusia tersebut mahasiswa juga dididik untuk memiliki wawasan dalam bidang kesusastraan dan kebudayaan Rusia.

Program studi Sastra Rusia di Indonesia hanya ada di dua universitas, salah satunya ialah Unpad. Dengan semakin bertambahnya staf pengajar lulusan perguruan tinggi di Rusia serta ditunjang native speaker, Program Studi Sastra Rusia Unpad lebih menitikberatkan pada aspek bahasa Rusia dengan tiga konsenstrasi peminatan, yakni Linguistik, Sastra, dan Kajian Budaya. Program Studi Sastra Rusia FIB Unpad mulai dikembangkan di Fakultas Sastra pada tahun 1962, sebagai hasil integrasi dari Akademi Pendidikan Ahli Bahasa Asing (APABA). Gelar yang diperoleh untuk para lulusan ialah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

Prospek Kerja:
Lulusan Program Studi Sastra Rusia FIB Unpad dapat diserap oleh berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Kompetensi lulusan meliputi kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan secara luas, sehingga lulusan siap dengan kondisi pekerjaan yang tersedia. Hal itu terjadi karena selain kompetensi tersebut, mereka ditunjang juga oleh kompetensi lain yang dapat mendukung kebutuhan kerja, antara lain kepariwisataan, diplomasi, dan kewirausahaan.

Kemampuan Bahasa Rusia merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki para lulusan. Oleh karena itu, berdasarkan Tracer Study 2012, Lulusan Program studi Sastra Rusia tersebar di beberapa instansi pemerintah, yaitu: Kemenlu, Kemenham, BIN (Badan Intelejen Negara), Lembaga Sandi Negara, Setneg, TNI, Polri; BUMN; Perbankan; beberapa instansi swasta terutama di bidang pariwisata dan media massa; serta wirausaha. Alumni Sastra Rusia FIB Unpad dapat melanjutkan studi pasca sarjana baik di dalam negeri maupun luar negeri, apalagi bila mereka akan melanjutkan studi ke Rusia, maka pemerintah Rusia akan memberikan prioritas dengan beasiswa pemerintah Rusia.

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad