Sastra Rusia

Akreditasi: A
E-mail: rusia.unpad@gmail.com
Fakultas:
Ilmu Budaya
Website: http://russian.fib.unpad.ac.id

Deskripsi:
Program studi Sastra Rusia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Padjadjaran merupakan program studi yang mempunyai komitmen terhadap kebenaran dan keprofesionalan dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Rusia yang diakui secara nasional, regional, dan internasional di dalam penguasaan, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Program studi ini telah berdiri sejak tahun 1962. Visi program studi ini  yaitu menjadi program studi yang memiliki standar pembelajaran yang diakui secara internasional di tahun 2026, serta memiliki misi mengembangan Tridarma perguruan tinggi didukung oleh pengembangan manajemen pendidikan dan hubungan kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan di luar negeri.

Kurikulum:
Di Program studi Sastra Rusia, mahasiswa mempelajari bahasa, sastra, dan budaya Rusia yang terbagi dalam berbagai mata kuliah yyang meliputi 4 kemampuan dasar berbahasa asing yaitu mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Pembelajaran ditambah dengan pengetahuan linguistik, kesusastraan, sejarah dan kebudayaan Rusia sebagai penunjang kompetensi utama untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang bahasa, sastra, dan budaya Rusia, sehingga mampu berkiprah di dunia kerja dan mampu bersaing dalam situasi nasional maupun global. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan ialah Sarjana Humaniora (S.Hum.).

Prospek Kerja:
Sejak didirikan sampai sekarang, ratusan alumni tersebar dalam keragaman bidang kerja di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta, yaitu TNI,  diplomat negara-negara kawasan Rusia. Alumni juga tersebar  menjadi reporter, penulis berita, dan editor di media massa cetak, elektronik, maupun dalam jaringan.

Sebagian lainnya menjadi wirausahawan. Di samping itu, banyak alumni yang juga melanjutkan studi S2 ke universitas-universitas terbaik di Rusia dengan beasiswa baik dari pemerintah Federasi Rusia maupun dari pemerintah RI melalui kemenkeu dalam program LPDP. Komunikasi di antara para alumni Program Studi Sastra Rusia terpelihara dengan baik, dengan penyelenggaraan kegiatan temu alumni secara rutin.*