Sastra Sunda

Akreditasi: B
E-mail: prodi.sunda.unpad@gmail.com
Fakultas: Ilmu Budaya
Website:  http://sunda.fs.unpad.ac.id/

Deskripsi:
Program studi Sastra Sunda Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad mempelajari bahasa, sastra, dan naskah Sunda secara luas dan mendalam. Dalam program studi ini juga dipelajari sejarah dan budaya Sunda serta bahasa-bahasa asing yang berpengaruh secara keilmuan, seperti Inggris, Arab, Belanda, Kawi, Sanskerta, serta ilmu-ilmu pendukung lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan praktis, dipelajari kemahiran berbahasa Sunda baik lisan maupun tulisan serta praktik kesenian seperti teater, karawitan, dan tari Sunda.

Ada tiga konsentrasi di program studi Sastra Sunda FIB Unpad, yaitu Linguistik, Sastra, dan Filologi. Konsentrasi Linguistik mempelajari seluk beluk ilmu bahasa dengan subjek kajian bahasa Sunda, konsentrasi Sastra mempelajari sastra Sunda dengan perspektif ilmu sastra, dan konsentrasi Filologi mempelajari ilmu pernaskahan dengan subjek kajian naskah-naskah Sunda.

Keunggulan/kekhasan yang dimiliki program studi Sastra Sunda FIB Unpad ialah lulusannya memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tulisan berbasis penelitian bahasa, sastra, dan naskah Sunda. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Sastra (S.S.).

Prospek Kerja:
Lulusan program studi Sastra Sunda FIB Unpad dapat bekerja di berbagai perusahaan, diantaranya sebagai Pegawai Negeri Sipil, peneliti, dosen, guru, wartawan, presenter, karyawan swasta seperti perbankan, wirausaha mandiri, dan lain-lain.