Ilmu Linguistik

Akreditasi: B
E-mail:
Fakultas: Ilmu Budaya
Website: –

Deskripsi:
Program studi Magister Ilmu  Linguistik merupakan salah satu program studi magister di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Sebagai sebuah program studi lanjutan program sarjana, program studi ini memiliki visi dan misi perguruan tinggi yang mendukung pencetakan lulusan magister kelas dunia yang kompeten di bidang linguistik. Kurikulum program studi mengikuti perkembangan linguistik mutakhir dan berbasis keperluan pemangku kepentingan eksternal dengan didukung oleh para dosen yang pakar di bidangnya, berkomitmen meluluskam mahasiswa yang berkualitas tepat waktu. Kurikulum program studi yang berbasis pada KPT dan KKNI secara rutin dielaborasi dengan melibatkan pemangku kepentingan eksternal dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan.

Kurikulum:
Perkuliahan dilaksanakan selama dua semester. Jumlah SKS yang harus ditempuh sebanyak 36 sks, yang terdiri atas mata kuliah 30 sks dan tesis 6 sks. Mata kuliah yang diberikan adalah mata-mata kuliah tentang mikrolinguistik, makrolinguistik, metodologi penelitian, serta mata kuliah pendukung lainnya.

Untuk meningkatkan kualitas manajemen lembaga dan kualitas lulusan, program studi beberapa kali mengadakan studi banding ke beberapa perguruan tinggi terkenal di Indonesia dan luar negeri untuk mengetahui perkembangan mutakhir ilmu linguistik dan kekhasan penyelenggaraan program magister di lembaga tersebut. Program studi ini menyelenggarakan perkuliahan dengan kurikulum yang khas, yakni mengombinasikan kompetensi mikrolingusitik dengan makrolingusitik; mengangkat topik bahasa daerah di Indonesia dalam penelitian tesis dalam ikut mendokumentasikan dan mempertahankan bahasa daerah di Indonesia.

Prospek Kerja:
Program studi Ilmu Linguistik telah berhasil menghasilkan lulusan yang telah bekerja, antara lain sebagai dosen, baik di PTN maupun di PTS di berbagai kota di seluruh Indonesia; guru, dan PNS di berbagai lembaga. Dari penelusuran terhadap lulusan (tracter study) dua tahun terakhir, banyak alumni yang langsung dapat bekerja setelah mereka lulus.*