Ilmu Sastra

Akreditasi: A
Email: kaprodi.ilmusastra.s2@unpad.ac.id
Fakultas: Ilmu Budaya
Website:

Deskripsi:
Program studi Magister Ilmu Sastra Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran memiliki dua peminatan yaitu peminatan Sastra Kontemporer dan peminatan Filologi. Kajian pada peminatan Sastra Kontemporer difokuskan pada kajian terhadap karya-karya sastra kontemporer dari Indonesia maupun sastra berbahasa asing. Sementara kajian pada peminatan Filologi difokuskan pada naskah kuno Nusantara maupun di luar Nusantara.

Kurikulum:
Kurikulum program studi Magister Ilmu Sastra, baik peminatan Sastra Kontemporer maupun Filologi, terdiri atas 39 SKS dengan perincian seperti berikut:.

1. Mata kuliah wajib 25 SKS dan mata kuliah pilihan 6 SKS (Semester pertama dan kedua)

2. Seminar Usulan Riset 2 SKS (Semester ketiga)

3. Tesis 6 SKS (Semester ketiga)

Bahan kajian yang digunakan pada peminatan Sastra Kontemporer adalah karya sastra pada masa setelah tahun 1900. Mahasiswa pada peminatan Sastra Kontemporer diberikan pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan pengembangan teori dalam kajian sastra yang mutakhir dan mampu memecahkan permasalahan pada bidang yang ditempuh. Mata kuliah seperti Semiotika Sastra, Sosiologi Sastra, Kajian Budaya, Sastra Bandingan, Gender dan Hegemoni Kebudayaan, menjadi mata kuliah wajib yang dapat mengarahkan mahasiswa untuk lebih kritis terhadap permasalahan sosial yang ada di sekitarnya.

Pada peminatan Filologi bahan kajian difokuskan pada naskah-naskah sepanjang masa mulai dari naskah Yunani pada abad ke-3 SM, hingga naskah-naskah Nusantara masa kini. Mahasiswa pada peminatan Filologi diberikan pengetahuan dan penerapan yang berkaitan dengan kemampuan menafsirkan serta menyajikan teks klasik dalam bentuk suntingan yang layak dibaca dan dipahami oleh masyarakat luas. Mata kuliah yang mendukung tercapainya kemampuan khusus tersebut dimanifestasikan dalam mata kuliah wajib seperti Semiotika Budaya, Tekstologi, Kodikologi, Teknik Terjemahan dan Kritik Sastra.

Program studi ini memiliki staf pengajar lulusan program doktoral baik dari dalam negeri maupun luar negeri, dengan memiliki pengalaman luas di bidang penelitian Sastra dan Filologi. Bahkan beberapa di antaranya memiliki pengalaman mendapat hibah penelitian nasional maupun internasional.

Prospek Kerja:
Profil lulusan Program Studi Magister Ilmu Sastra adalah dosen, peneliti di bidang sastra dan filologi yang memiliki sikap, pengetahuan, dan kompetensi dalam mengembangkan IPTEKS melalui riset inter/multidisiplin, inovasi, teruji secara nasional maupun internasional.*