Ilmu Sejarah

Akreditasi: A
E-mail: r.m.mulyadi@unpad.ac.id
Fakultas: Ilmu Budaya
Website: –

Deskripsi:
Program studi Magister Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya didirikan pada 2014. Sebelumnya  program studi ini merupakan konsentrasi pada program program Magister Ilmu Sastra FIB Unpad.  Para pengajar di program studi ini terdiri dari para profesor maupun doktor lulusan dalam dan luar negeri.

Kurikulum:
Studi magister di program Magister Sejarah  FIB Unpad pada dasarnya mempelajari teori dan metodologi sejarah, historiografi dan filsafat ilmu sebagai bekal dasar dalam mempelajari sejarah pada tingkatan magister. Selain itu mahasiswa dibekali pula dengan kemampuan bahasa Belanda arsip untuk memudahkan penelusuran sumber berbahasa Belanda.

Pembelajaran ini membentuk mahasiswa untuk melakukan penelitian sejarah secara mandiri dengan teori dan pendekatan sejarah yang modern.

Keunggulan dari program studi ini adalah konsentrasi studi pada sejarah lingkungan, menyangkut konservasi alam, ekologi, kebencanaan, dan lingkungan dalam berbagai perspektif. Konsentrasi studi sejarah lingkungan tersebut merupakan satu-satunya satu-satunya di Indonesia pada saat ini. Selain itu, Program Studi S2 pengutamaan sejarah yang mencakup wilayah Jawa Barat. Pengutamaan tema dan wilayah kajian tersebut tidak menutup mahasiswa yang mempunyai minat konsentrasi dan wilayah kajian yang berbeda.

Prospek Kerja:
Lulusan Magister Ilmu Sejarah banyak berkarier di bidang pendidikan (guru dan dosen), pers dan politik. *