Teknologi Pangan

Akreditasi: B
E-mail:  –
Fakultas: Teknologi Industri Pertanian
Website:  –

Deskripsi:

Pendidikan di program studi Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP)  Unpad ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmu teknologi pangan dan  mampu menerapkannya dalam memecahkan permasalahan yang ada di dunia kerja baik secara mandiri maupun berkelompok. Mahasiswa tingkat akhir program studi ini harus memilih salah satu  bidang kajian yaitu Teknologi Pengolahan Pangan, Kimia Pangan, Mikrobiologi Pangan, dan Keteknikan Pengolahan Pangan. Lulusan Program Studi Teknologi Pangan berhak untuk menyandang gelar Sarjana Teknik Pertanian (STP.).

Kemampuan  lulusan program studi Teknologi Pangan  dalam mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu dan teknologi pangan  mencakup:

  • Karakterisasi bahan pangan
  • Pemilihan bahan baku industri pangan
  • Analisis bahan dan produk pangan, evaluasi gizi dan komponen fungsional  bahan pangan
  • Pengembangan formulasi produk pangan termasuk pangan fungsional
  • Pemisahan, pemurnian dan isolasi  komponen bahan pangan khususnya komponen bioaktif pangan
  • Pengawasan dan jaminan mutu pangan
  • Perancangan dan evaluasi unit operasi pengolahan pangan beserta peralatannya
  • Perancangan proses dan lay out industri pangan (perancangan pabrik industri pangan)
  • Penulisan ilmiah dan dapat mempublikasikannya.

Program studi  Teknologi Pangan FTIP Unpad akan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan metode pembelajaran berpusat pada mahasiswa (student-centred learning/SCL) guna memberikan bekal kompetensi hard- dan soft-skills. Dengan metode pembelajaran ini, mahasiswa secara aktif, intensif, dan mandiri menggali potensi dirinya sehingga mencapai kompetensi yang diharapkan untuk dunia kerja/industri. Jenis metode pembelajaran yang digunakan dalam metode pembelajaran SCL ini adalah praktikum (terkait kompetensi yang diharapkan di laboratorium/lapangan), project-based learning, problem-based learning, research-based learning, pembuatan makalah individu/kelompok, simulasi, kunjungan lapangan, magang dan lain-lain.

Prospek Kerja:
Dengan kualifikasi yang dimilikinya, lulusan program studi Teknologi Pangan FTIP Unpad diperlukan untuk menempati berbagai posisi penting baik di pemerintahan maupun swasta, antara lain:

  1. Staf Pengembang Produk (R and D),
  2. Processing Enggineer,
  3. Wirausaha,
  4. Staf Quality Control,
  5. Akademisi.