Teknologi Industri Pertanian

Akreditasi: Prodi baru (proses pengajuan akreditasi)
E-mail:
Fakultas: Teknologi Industri Pertanian
Website:

Deskripsi:
Pendirian Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad diarahkan untuk memberikan solusi atas berbagai tantangan dalam pengembangan sistem pendidikan tinggi agroindustri, serta memfasilitasi pengembangan agroindustri, menitikberatkan pada pemberian nilai tambah bagi hasil pertanian, menghasilkan produk agroindustri bermutu tinggi, dan pelayanan yang terbaik kepada seluruh stakeholder. Sistem pendidikannya diarahkan dalam bentuk proses pembelajaran dan penelitian yang terintegrasi dalam kurikulum berbasis technopreneurship.

Lebih lanjut Program Studi  Teknologi Industri Pertanian FTIP Unpad mengarahkan penelitiannya untuk menghasilkan produk-produk penelitian dan pengembangan yang dapat berkontribusi dalam pembangunan agroindustri dan IPTEK, serta secara aktif mengaplikasikan produk penelitian dan temuan inovatif dalam aspek teknologi proses dan teknik sistem agroindustri yang berwawasan lingkungan. Fokus kajian ilmiah dikembangkan pada dua bidang yaitu Bidang Teknik dan Manajemen Industri Pertanian termasuk lingkungannya, serta Bidang Teknik Proses / Bioproses pada Industri Pertanian.

Kurikulum berbasis technopreneurhip dirancang sangat menarik dengan pendekatan entrepreneurial yang dikolaborasikan dengan penguasaan teknologi  untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dengan daya saing yang tinggi baik dalam hal keahlian dan keterampilan, tanggung jawab, serta motivasi untuk mengembangkan agroindustri, termasuk dari segi manajemen. Lulusan program studi ini berhak menyandang gelar Sarjana Teknik Pertanian (STP.).

Prospek Kerja:
Program Studi Teknologi Industri Pertanian FTIP Unpad  memiliki prospek masa depan yang diarahkan sebagai enabler dan entrepreneur.  Lulusan Sarjana Teknologi Industri Pertanian diarahkan untuk menjadi technopreneur. Lulusan memiliki kemampuan dalam penguasaan teknologi dan mengembangkannya pada pengembangan usaha berbasis industri pertanian yang bernilai tambah. Selain penguasaan teknologi, lulusan ditekankan memiliki jiwa entrepreneur yang penerapannya dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang. Kemampuan lulusan program studi ini memiliki peminat yang tinggi pada perusahaan-perusahaan nasional dan multinasional baik yang bergerak di bidang teknologi agroindustri, pangan, manufaktur, perkebunan, teknologi informasi, perbankan dan bidang kerja lainnya yang erat dengan penggunaan dan pengembangan teknologi.