Maluku Corner

Selain meningkatkan kapasitas wilayah di Jawa Barat, Universitas Padjadjaran juga mendukung peningkatan kapasitas wilayah di kawasan Indonesia Timur. Hal ini diwujudkan melalui pembentukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Indonesia Timur (PPIT) atau “Maluku Corner” di Unpad. Pusat Studi ini didirikan atas kerja sama Unpad dengan Pemerintah Propinsi Maluku.

Kawasan Indonesia Timur, khususnya Maluku  merupakan kawasan strategis dengan potensi alam yang luar biasa. Dalam hal ini, Pemerintah juga berencana membuka kilang gas secara onshore di blok Masela, Kabupaten Maluku Barat Daya. Rencana ini tentu saja berdampak pada kesiapan SDM dan wilayah di kawasan tersebut. Dibutuhkan berbagai kerja sama penelitian, pembelajaran, serta pengabdian dengan melibatkan para akademisi perguruan tinggi.

Pusat studi ini memiliki tujuan untuk mengimplementasikan aspek Tridharma Perguruan Tinggi Unpad di Kawasan Indonesia Timur, yang berdasarkan data Badan Informasi Geospasial tentang wilayah geografis Indonesia Timur, mencakup Bali, Kalimantan, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi, dan Nusa Tenggara

Pusat Studi ini menjadi ruang bagi sivitas akademika Unpad untuk melakukan aktivitas riset dan pengabdian terkait potensi kawasan Indonesia Timur. Pusat Studi ini juga akan mengembangkan berbagai keilmuan terkait Indonesia Timur serta penelitian mengenai teknologi adaptif untuk kawasan Indonesia Timur.

Berbagai hasil riset dan informasi lainnya akan disajikan melalui sistem informasi, pangkalan data, dan data kepakaran PPIT yang terintegrasi dengan sistem informasi di lingkungan Unpad. Selain itu, Pusat Studi ini juga menggelar berbagai seminar maupun pelatihan terkait peningkatan kapasitas pembangunan di Propinsi Maluku.