Skema Riset Unpad

Dalam pelaksanaan Riset Unggulan, LPPM Unpad menggunakan  beberapa skema riset yang telah dicanangkan oleh Dit. Litabmas Dikti, dengan tetap berorientasi pada Rencana Induk Penelitian UNPAD yaitu:

 

  1. Hibah Bersaing
  2. Hibah Fundamental
  3. Hibah Pascasarjana
  4. Hibah Doktor

 

LPPM Unpad juga membuat beberapa skema untuk Riset Unggulan Perguruan Tinggi di luar skema Dit. Litabmas Dikti. Skema Riset Unpad yaitu:

1. Riset Kompetitif

Kegiatan penelitian Hibah Kompetitif UNPAD diarahkan untuk menciptakan inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (ipteks).

2. Riset Andalan

Riset ini adalah riset unggulan bagi dosen yang mengusulkan riset berdasarkan hasil riset-riset sebelumnya. Skema riset ini mensyaratkan pengembangan riset dengan orientasi kebutuhan masyarakat dan lingkungan.

3. Riset Kompetensi Keilmuan Laboratorium (Kilab)

Kilab adalah riset unggulan untuk penguatan riset di unit kerja riset. Skema ini mensyaratkan pengembangan riset yang berorientasi kepada road map unit kerja riset/laboratorium.

4. Riset Kemitraan Internasional (Riki)

Riset ini memberikan dana untuk koordinasi dengan mitra luar negeri dan pendampingan pelaksanaan riset dalam skema kerjasama riset internasional.

5. Riset Utama (Ritama)

Merupakan riset yang ditugaskan (top-down) kepada individu atau unit riset inovatif yang telah memperlihatkan hasil nyata dari riset yang intensif dan konsisten.

6. Riset Implementatif

Riset Implementatif adalah tindak lanjut hasil riset terdahulu yang menjembatani riset skala laboratorium dengan aplikasi skala yang lebih luas/komersial, termasuk diseminiasi hasil penelitian pada skala lapangan sebelum disosialisasikan atau diterapkan kepada masyarakat.

 

Prioritas riset Unpad terdiri atas Riset Unggulan dan Riset Nonunggulan. Dua skema riset Unpad yaitu Riset Kompetensi Keilmuan Laboaratorium (Kilab) dan Riset Peneliti Pemula dapat mengikuti road map topik riset unggulan unpad maupun nasional (non unggulan). Dalam perencanaan, skema riset Kilab pada tahun-tahun selanjutnya akan diprioritaskan untuk Riset Unggulan.

Unpad memiliki satu skema riset yang hanya diprioritaskan untuk riset nonunggulan yaitu Riset Kerjasama tetapi tetap dapat menggunakan skema unggulan jika diperlukan.

Riset non unggulan adalah seluruh riset di tingkat Fakultas maupun Puslit yang tidak termasuk ke dalam lima topik riset unggulan Unpad, tetapi tetap mendukung pengembangan riset unggulan Unpad. Proposal riset non unggulan dapat diajukan kepada:

1. Universitas Padjadjaran dengan skema Riset Peneliti Pemula

2. Dit. Litabmas Dikti dengan skema:

  • Riset Kompetensi
  • Riset Strategi Nasional
  • Riset Unggulan Strategi Nasional
  • Riset Kerjasama Internasional

3. Kementrian Riset dan Teknologi yang menawarkan beberapa skema riset:

  • Insentif riset dasar
  • Insentifi riset terapan
  • Insentif Peningkatan Kapasitas Iptek Sistem Produksi
  • Insentif Percepatan  Difusi dan Pemanfaatan Iptek

4. Kementrian Pertanian yang menawarkan riset KKP3T.

5. Instansi luar dan dalam negeri dalam bentuk Riset Kerjasama

 

Panduan Pelaksanaan masing-masing skema dapat dilihat pada lampiran atau situs LPPM Unpad di http://www.lppm.unpad.ac.id.

© 2014 Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang | Humas Unpad | DCISTEM Unpad