Dr. Diah Chaerani, M.Si., “Riset Operasi Punya Peran Penting dalam Memecahkan Masalah Kompleks”

[unpad.ac.id, 19/11/2019] Untuk mendapatkan solusi terbaik dalam proses pengambilan keputusan, riset operasi memiliki peran penting untuk mendapatkan hasil yang optimal dengan risiko yang minimal. Melalui notasi matematika, riset operasi dapat dimanfaatkan untuk mempelajari dan memodelkan berbagai permasalahan kompleks.

Dr. Diah Chaerani, M.Si. (Foto: Arief Maulana)*

“Fenomena alam dan fenomena sosial kita bisa coba formulasikan dalam notasi matematika,” kata dosen Matematika Universitas Padjadjaran Dr. Diah Chaerani, M.Si.

Menurut Dr. Diah, proses pengambilan keputusan sebaiknya didukung oleh bukti ilmiah. Fenomena alam atau sosial, jika dimodelkan melalui matematika, maka dapat diperoleh gambaran yang lebih terstruktur. Dalam hal ini langkah perencanaan dan pengambilan keputusan tersebut dapat ditempuh dengan penerapan Riset operasi (OR).

Dalam OR, dilakukan penyelesaian dengan menggunakan metode analitik untuk pemecahan masalah dan pengambilan keputusan yang berguna dalam manajemen organisasi. Pada riset operasi, masalah dipecah menjadi komponen dasar dan kemudian dipecahkan dalam langkah-langkah yang ditentukan oleh analisis matematika.

Melalui riset operasi, bukti ilmiah dibuat melalui konsep matematis dan dapat diselesaikan melalui simulasi, optimisasi, serta probabilistik dengan melibatkan data statistik.

“Riset operasi ini masuknya di feasibility study. Jadi sebelum kita melaksanakan suatu proyek, kita harus cek dulu feasible atau tidak,” ujar Ketua Program Studi S2/S3 Matematika FMIPA Unpad ini.

Sudah 20 tahun Dr. Diah menggeluti bidang riset operasi dan optimisasi. Sudah banyak penelitian dan model yang ia buat menggunakan riset operasi dengan sumber pendanaan dari dalam dan luar negeri. Beberapa di antaranya dari Kemenristekdikti, The World of Academy Sciences (TWAS), CIMPA, dan yang terakhir berkolabarasi dalam tim riset multidisiplin Unpad dari Faperta, FTG dan FMIPA dalam penentuan model optimisasi manajemen distribusi logistik pascabencana bersama Universitas Southampton, Inggris.

Sebagai kontribusi pada penyelesaian masalah perencanaan di Unpad, salah satu karyanya adalah melakukan pemodelan angkutan kampus Unpad bekerja sama dengan tim dari Direktorat Sarana Prasarana Unpad. Hasil pemodelan optimisasi angkutan kampus Unpad berupa pengumpulan data dan diharapkan dapat dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

Selain itu, sejak tahun 2017 hingga sekarang, Dr. Diah juga melakukan penelitian mengenai rancang bangun Graphical User Interface (GUI) untuk masalah optimisasi tak tentu dengan pendekatan Affinely Adjustable Robust Counterpart. Riset dibagi ke dalam tiga tahap, yaitu pengembangan teori, research and development pada penerapan, dan merancang bangun alat untuk memvisualisasikan hasil pemodelan yang telah dibuat.

Rencananya, rancang bangun tersebut akan diaplikasikan pada beberapa masalah industry dan lingkungan di Jawa Barat, di antaranya untuk strategi vaksinasi dan penanganan distribusi air di Jawa Barat. Beberapa masalah tersebut telah dibuat model matematikanya.

“Kita punya masalah, kita coba modelkan dengan model optimisasi, kemudian nanti kita dapat data, datanya kita validasi dan implementasi dengan Graphical User Interface,” ujar Dr. Diah.

Ditekankan Dr. Diah, proses utama dalam riset operasi dan optimisasi adalah mencari solusi terbaik di antara banyak pilihan solusi. Melalui metode tersebut, keputusan yang dihasilkan adalah keputusan yang minim kerugian tetapi dengan keuntungan yang maksimal.

“Tujuan utama dari optimisasi adalah kita harus bisa memperoleh hasil yang optimal dan global. Jadi solusinya terbaik dimana-mana,” jelasnya.

Pencarian solusi optimal dan global tersebut dapat diperoleh dengan menguji sifat-sifat matematis dari masalah yang kita bangun.

Dr. Diah sendiri lebih banyak bergelut di bidang pemodelan riset operasi dan optimisasi dengan terapan pada bidang industri dan lingkungan. Selain itu, riset operasi juga bisa berperan di berbagai bidang, termasuk di bidang politik dan pemerintahan.

Dikatakan Dr. Diah, bidang ini memiliki prospek yang sangat baik bagi para lulusannya. Hampir di setiap bidang pasti membutuhkan suatu perencanaan yang baik untuk hasil optimal. Orang dengan keahlian riset operasi tentu sangat dibutuhkan.

Dr. Diah pun berharap riset operasi dapat semakin dikenal di berbagai lapisan, agar setiap keputusan dapat dibuktikan secara ilmiah.

“Saya berharap riset operasi ini semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, karena sangat memegang peranan penting untuk pengambilan keputusan. Khususnya keputusan yang tidak tentu,” harapnya.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am