Dosen Departemen Kimia FMIPA Unpad Lakukan Pengabdian kepada Masyarakat Jatinangor

[unpad.ac.id, 5/4/2019] Sejumlah dosen dari Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran melakukan pengabdian kepada masyarakat di Aula UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan, Jatinangor, Kamis (4/4) lalu.

Suasana kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan sejumlah dosen Departemen Kimia FMIPA Unpad di Aula UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan, Jatinangor, Kamis (4/4) lalu.*

Ketua pelaksana PKM Departemen Kimia Unpad Dr. Anni Anggraeni, M.Si., mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pengabdian para dosen departemen Kimia kepada masyarakat, khususnya di kecamatan Jatinangor.

Dalam kegiatan tersebut, para dosen memberikan menggelar kegiatan “Chemistry Behind Cooking” dan pembuatan yoghurt dari susu bubuk. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Pembuatan yoghurt dari susu bubuk ini sangat mudah dilakukan. Bahan bakunya pun tersedia di pasaran, yaitu susu bubuk full cream dan starter yoghurt.

Selain memberikan pelatihan pembuatan yoghurt, peserta juga diajak berkresasi dengan memberikan perisa atau pewarna terhadap sampel yoghurt yang sudah dibuat. Hal ini diharapkan dapat memberikan keterampilan kepada peserta agar mampu membuat yoghurt dan mengubahnya dengan tampilan menarik.

Selain pembuatan yoghurt, peserta juga diajak untuk mengenal cara memasak daging yang aman dan sehat.

Kepala UPTD Pertanian dan Ketahanan Pangan Kecamatan Jatinangor, Drs. Heri mengharapkan kegiatan pengabdian seperti ini dapat terus berlanjut dan bisa diterapkan menjadi usaha mikro, kecil, dan menengah yang bisa dilakukan oleh para ibu rumah tangga.*

Rilis/am