Fakultas Keperawatan Buka Kuliah Online Terbuka

[unpad.ac.id, 24/7/2019] Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran kembali akan membuka Massive Open Online Course (MOOC). Peluncuran program tersebut dilakukan pada Senin (22/7) lalu di Kampus Fakultas Keperawatan Unpad. Program ini sendiri akan akan mulai ditawarkan pada 25 Juli 2019 ke sejumlah institusi pendidikan tinggi keperawatan  yang tersebar di seluruh Indonesia.

Foto bersama Wakil Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran Dr. Yanti Hemayanti.,S.Kp.,MNm., (ketiga dari kanan) dengan tim pengelola MOOC Fkep Unpad saat peluncuran program MOOC di kampus Fkep Unpad, Jatinangor, Senin (22/7).*

Tahun ini merupakan kali kedua MOOC diselenggarakan Fkep Unpad. Pada tahun 2018, Fkep Unpad membuka dua kursus online yang diikuti oleh oleh 797 peserta dari 4 institusi, yaitu STIKEP PPNI Jabar, STIKES Indramayu, STIKES Jendral Achmad Yani, dan FKep Unpad.

Untuk memfasilitasi produksi materi kuliah online MOOC 2019, telah terbentuk tim khusus di bawah koordinasi tim e-learning Fkep dengan tim e-learning Universitas Padjadajaran.

Ketua tim e-learning Fkep Unpad Ryan Hara Permana., S.Kep.,Ns.,MN mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pengembangan materi, penyusunan modul dan soal ujian, serta produksi video. Adapun program pembelajaran yang disiapkan meliputi Patofisiologi dalam Keperawatan (2 SKS), Etik dalam Keperawatan (2 SKS), Pendidikan dan Promosi Kesehatan (2 SKS), serta Anatomi dan Fisiologi (2 SKS).

Selanjutnya, program ini akan ditawarkan kepada sejumlah institusi yang sudah menjadi mitra kerja sama Fkep Unpad. Peserta dari institusi mitra akan mendapatkan materi secara online, berdiskusi secara online, dan ujian online. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan e-sertifikat yang bersifat credit earning, dimana kredit pembelajaran yang didapat akan diakui oleh Fkep dan institusi mitra.*

Rilis/art