FH Unpad dan Badan Arbitrase Nasional Indonesia Gelar Kompetisi Peradilan Semu Arbitrase

[unpad.ac.id, 29/11/2017] Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Kompetisi Peradilan Semu Arbitrase di kampus FH Unpad, 27 – 30 November 2017. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi dan Kerjasama Dr. Idris, S.H., MA., saat membuka Kompetisi Peradilan Semu Arbitrase di kampus FH Unpad, 27 – 30 November.*

Perwakilan BANI Bambang Haryanto menyampaikan bahwa Kegiatan kompetisi peradilan semu arbitrase ini diselenggarakan dalam rangka hari ulang tahun BANI ke-40. Sebagai lembaga yang dibentuk pada 30 November 1977, BANI memiliki tugas mengenalkan kelembagaannya lebih jauh ke masyarakat.

Adanya Undang-Undang No. 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dipandang belum cukup mengakomodasi perkembangan masyarakat, sehingga diperlukan adanya pembaruan. Bambang juga mengatakan bahwa 75 arbiter BANI saat ini berasal dari Unpad, sehingga dapat dikatakan bahwa Unpad adalah kampus para arbiter.

Perkara yang ditangani BANI pada saat ini melonjak pesat, perkara tersebut terkait sengketa bisnis, hal ini dipandang sebagai dampak dari pesatnya perkembangan bisnis.

Sambutan pimpinan Fakultas Hukum Unpad diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Inovasi dan Kerjasama Dr. Idris, S.H., MA. Dr. Idris menyampaikan bahwa diharapkan kegiatan kompetisi peradilan semu arbitrase ini dapat menghasilkan output berupa calon arbiter-arbiter yang handal.

Dengan keterlibatan beberapa perguruan tinggi, maka persaingan kompetisi peradilan semu arbitrase ini semakin ketat, hal ini dipandang baik dalam rangka meningkatkan peringkat dari perguruan tinggi peserta tersebut. Kompetisi peradilan semu arbitrase ini sebagai sarana atau forum untuk  melatih softskill di dalam kehidupan bernegara, terutama dalam penyelesaian sengketa bisnis.

Rul/FH/am