Fikom Unpad dan ANRI Gelar Lokakarya Penulisan Jurnal Kearsipan

[unpad.ac.id, 10/7/2019] Sebanyak 180 peserta mengikuti Workshop “Peningkatan Kapasitas Penulisan Jurnal Kearsipan” yang digelar di Auditorium Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Kamis (4/7). Acara ini digelar atas kerja sama Fikom Unpad dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Sejumlah pembicara hadir dalam Workshop “Peningkatan Kapasitas Penulisan Jurnal Kearsipan” yang digelar atas kerja sama Fikom Unpad dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Auditorium Pascasarjana Fikom Unpad, Jatinangor, Kamis (4/7).*

Para peserta terdiri dari arsiparis, dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum. Bertindak sebagai pemateri yaitu  Nurmaya Prahatmaja, S.Sos., M.A dari Universitas Padjadjaran, Dr. Hj. Riche Cynthia Johan, S.Pd., M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia, serta Dr. Jajang A. Rohmana, M.Ag. dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Pada kesempatan tersebut, Nurmaya menekankan pentingnya kompetensi menulis ilmiah yang harus dimiliki para peserta untuk pengembangan ilmu dan profesi kearsipan, informasi, perpustakaan, serta dokumentasi kedepannya, terutama di era industri 4.0. Beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga kependidikan fungsional arsiparis adalah kemampuan bahasa, kemampuan menulis ilmiah, serta penguasaan pada teknologi komunikasi dan informasi.

Pemateri lain, Dr. Riche memberikan penjelasan mengenai perbedaan dinamika jurusan kearsipan, informasi, serta dokumen yang ada di Indonesia dan di beberapa universitas di luar negeri, termasuk mengenai nomenklatur Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi yang ada di tanah air. Ia juga memaparkan tentang prospek jurusan Ilmu Kearsipan, Ilmu Informasi, serta Dokumentasi diantara jurusan-jurusan lain di perguruan tinggi Indonesia dalam menghadapi era digital.

Sementara Dr. Jajang lebih menitikberatkan paparannya mengenai berbagai alasan kenapa arsiparis, pustakawan, dokumentalis, serta para peneliti harus menulis di jurnal ilmiah, serta keuntungan material dan immaterial yang bisa didapat peserta workshop jika tulisannya berhasil terbit di berbagai jurnal ilmiah. Selain itu, Ia juga menguraikan beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh peserta workshop agar tulisan dari para peserta workshop ini nantinya berkualitas dan memenuhi standard buku/jurnal ilmiah berskala nasional maupun internasional.

Selain itu, ketiga narasumber juga menjelaskan kepada para peserta mengenai berbagai strategi dalam mengembangkan kompetensi masing-masing. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan Fikom Unpad, Dr. Dadang Sugiana, M.Si. Dalam sambutannya Dr. Dadang berharap berharap para peserta dapat memaksimalkan kegiatan workshop penulisan jurnal bidang kearsipan ini sehingga para arsiparis kedepannya dapat memiliki wawasan, pengetahuan, serta kemampuan menulis ilmiah yang baik.

Sejalan dengan itu, Kepala UPT Kearsipan Unpad, Drs. Sudarma, M.M., dalam sambutannya mengatakan bahwa jumlah fungsional arsiparis di lingkungan Unpad cukup banyak yang belum memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam menulis ilmiah. Ia berharap, workshop sehari ini mampu memberikan kemampuan aplikatif yang dapat dipergunakan oleh para arsiparis di lingkungan Unpad dalam meningkatkan kompetensinya, terutama kemampuan menulis ilmiah dan menerbitkannya dalam berbagai jurnal bidang kearsipan.

Kabid Siskar Statis ANRI, Prihatni Wuryatni, Dra., M.Hum. mengatakan bahwa kegiatan workshop ini merupakan salah satu pengaplikasian amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, bahwa untuk mendukung peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan nasional, ANRI melaksanakan Jurnal Kearsipan dan perlu ditingkatkan mutu pengelolaan dan terbitannya.

Pada kesempatan tersebut, ANRI juga melakukan studi banding dan sosialiasi kepada Pengelola Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad. Beberapa hal yang didiskusikan diantara pengelola kedua jurnal antara lain mengenai proses pengelolaan Open Journal Systems (OJS), proses penjaringan naskah, serta mengenai proses penjajakan mitra bestari.

Dr. Agus Rusmana, M.A., selaku Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fikom Unpad berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin kedepannya dan dapat dilanjutkan pada bidang kerja sama lainnya di antara kedua belah pihak. Ia mengatakan, Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi setelah kegiatan ini akan intensif memberikan pendampingan teknis menulis bagi para arsiparis di lingkungan Unpad.*

Rilis/art