Klinik Tanaman Faperta Unpad Gelar Pengabdian kepada Masyarakat

[unpad.ac.id, 28/5/2019] Klinik Tanaman (Klintan) Departemen Hama dan Penyakit Tanaman (HPT) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan “16 Tahun Klintan Mengabdi” yang digelar di desa Cileles, Jatinangor, Kamis (16/5) lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian milad ke-16 Klintan Unpad.

Suasana penyuluhan yang dilakukan Klinik Tanaman (Klintan) Departemen Hama dan Penyakit Tanaman (HPT) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran di desa Cileles, Jatinangor, Kamis (16/5) lalu.*

Kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa penyuluhan mengenai pemanfaatan tanaman refugia sebagai konservasi musuh alam pada tanaman padi. Penyuluhan dilakukan dengan pemateri dosen Departemen HPT Faperta Unpad Vira Kusuma Dewi, M.Sc., PhD. Penyuluhan ini diikuti oleh sejumlah petani di desa Cileles.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad dijelaskan, kegiatan dengan tema utama pengendalian hama secara biologis dan ramah lingkungan dilakukan mengingat pengolahan lahan tani yang bersifat semi organik. Pengolahan ini menggunakan campuran bahan kimia yang masih sedikit.

Di sisi lain, kondisi alam yang masih asri dan bersih mendorong masyarakat Cileles memiliki keinginan untuk membuka peluang usaha agrowisata dari lahan persawahan yang ada.*