Kunjungan Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) ke Fakultas Hukum Unpad

[fh.unpad.ac.id/23/01/2017] Kunjungan 12 orang mahasiswa USIM (Universitas Sains Islam Malaysia) ke Fakultas Hukum Unpad diterima dan dibuka oleh Dr. Idris, S.H., LL.M selaku Ketua Program Studi S1 dan Wanodyo Sulistiani, S.H., LL.M selaku Manajer Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, bertempat di Kampus Unpad, ruang Auditorium lt. 4 gedung Muchtar Kusumaatmadja, jalan Dipatiukur No. 35 Bandung. Di awal acara Dr. Idris, S.H., LL.M memberikan penjelasan mengenai garis besar profil Fakultas Hukum Unpad dilihat dari sejarah, visi misi, struktur organisasi, jumlah pusat studi, departemen, serta kegiatan dan prestasi mahasiswa.

Pertukaran cenderamata antara Dr. Idris, S.H., LL.M dari Fakultas Hukum Unpad dan Dr. Hazmi dari USIM.

Pertukaran cenderamata antara Dr. Idris, S.H., LL.M dari Fakultas Hukum Unpad dan Dr. Hazmi dari USIM. (Foto : Dokumentasi Fakultas )*

Dr. Hazmi selaku dosen pendamping kunjungan mahasiswa USIM ini, menyampaikan bahwa “Bandung adalah kota yang indah, banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa dikunjungi juga menyampaikan bahwa Unpad adalah kampus yang bagus dan indah.”

Dalam kunjungan tersebut Syehkirin yang merupakan ketua rombangan mahasiswa kampus USIM menyampaikan bahwa tujuan kunjungannya ke Fakultas Hukum Unpad ini dalam rangka menjalankan program GISO (Global Islamic Student Outreach) dengan topik “Jelajah Tarbiyah Menyingkap Hikmah di Jawa Barat” selain itu disampaikan pula kenapa dipilih Jawa Barat karna dianggap memiliki populasi penduduk muslim terbanyak dan banyak tempat potensial untuk bisa dilakukan eksplorasi.

Selain itu acara kunjungan ini diisi dengan diskusi dan tanya jawab seputar kegiatan akademik dan kemahasiswaan diantara dosen dan mahasiswa. Hadir pula beberapa dosen hukum Islam Fakultas Hukum Unpad yaitu Dr. Hj. Renny Supriyatni, S.H.,M.H, dan Dr. Djanuardi, S.H.,M.H. yang memberikan penjelasan singkat mengenai keberadaan Pusat Studi Hukum Islam juga beberapa hasil penelitian, serta perwakilan BEM dan GAMASIS Fakultas Hukum Unpad yang memberikan penjelasan mengenai berbagai program dan kegiatannya.

Dalam diskusi dan tanya jawab tersebut Dr. Hazmi mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki ragam bahasa lokal dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, namun tidak menghambat mahasiswa Fakultas Hukum Unpad untuk selalu berpartisipasi dan berprestasi dalam kegiatan tingkat internasional. Menjadi pertanyaan adalah “apa kunci sukses yang membuat ternyata mahasiswa Fakultas Hukum pun mampu bersaing dengan mahasiswa dari kampus-kampus negara lain, terutama dalam hal penguasaan bahasa Inggris”, lalu disampaikan oleh perwakilan mahasiswa Fakultas Hukum Unpad, Puspa bahwa “di semester awal memang sudah diajarkan bahasa Inggris di dalam mata kuliah Inggris Hukum dan beberapa UKM penunjang seperti Asosiasi Mahasiswa Hukum Asia Tenggara seperti ALSA, yang dalam kegiatannya dituntut kemampuan berbahasa Inggris, serta berbagai tempat kursus bahasa Inggris yang bisa diikuti”.

Acara kunjungan mahasiwa USIM ke Fakultas Hukum Unpad ditutup dengan sesi saling tukar cenderamata antara Dr. Idris, S.H., LL.M dari Fakultas Hukum Unpad dan Dr. Hazmi dari USIM, serta berfoto bersama seluruh peserta kunjungan dan dosen.

Laporan oleh: Rully Herdita Ramadhani, S.H., M.H / fak

Sumber : http://fh.unpad.ac.id/kunjungan-usim-universitas-sains-islam-malaysia/