Lakukan Pengabdian, FPIK Unpad Lakukan Penyuluhan dan Beri Benih Ikan ke Masyarakat Kuningan

[unpad.ac.id, 31/7/2018] Tim Akuakultur bekerja sama dengan Kelompok Kegiatan Mahasiswa “Karamba” Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bojong, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Kamis (26/7).

Tim Akuakultur dan Karamba FPIK Universitas Padjadjaran berfoto bersama usai melaksanan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bojong, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Kamis (26/7) lalu.*

Kegiatan pengabdian yang dilakukan berupa penyuluhan teknik budidaya ikan. Ini dilakukan mengingat Kuningan memiliki potensi perikanan yang baik, jika dilihat dari kadar kualitas dan kuantitas airnya. Kebutuhan air ini dipasok dari Waduk Darma dan Waduk Cileuweung, dua waduk sumber pemenuhan aktivitas perikanan di Kuningan.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Kuningan Deni Rianto, M.Si., mengatakan, kebutuhan konsumsi ikan di Kuningan mencapai 25.000 ton per tahun. Namun, angka pemenuhan ikan di Kuningan baru 17.000 ton per tahun.

Untuk itu, kegiatan pengabdian ini sangat diapresiasi dengan baik oleh masyarakat Kuningan. Kepala Desa Bojong Adnan menyambut baik kegiatan penyuluhan perikanan di wilayahnya. Ia berharap kegiatan perikanan di Desa Bojong dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Materi penyuluhan yang disampaikan dalam kegiatan tersebut berupa teknik budidaya ikan nila yang disampaikan dosen FPIK unpad Dr. Ir. Iskandar, M.Si. Dr. Iskandar menyampaikan teknik yang aplikatif bagi pembudidaya pemula, terutama dari segi teknik pembenihan.

Teknik pembenihan lebih efektif dilakukan daripada pembesaran. Pembudidaya akan memperoleh keuntungan setiap bulannya.

Selain materi teknik pembenihan, Dr. Iskandar juga menyampaikan materi mengenai teknologi pakan serta upaya mencegah hama dan penyakit pada ikan nila.

Materi selanjutnya disampaikan Kepala Seksi Produksi dan Kesehatan Ikan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Kuningan Nandang Sugema terkait kelembagaan pelaku perikanan.

Usai pemberian materi, tim FPIK Unpad juga menyerahkan 16.000 benih ikan nila dari Balai Pengembangan Benih Ikan Air Tawar, Wanayasa kepada kelompok pembudidaya di Desa Bojong. Penyerahan ini sekaligus mengukuhkan kelompok pembudidaya ikan di Desa Bojong yang diberi nama “Mina Cijambu”.

Kelompok pembudidaya ikan di Desa Bojong ini menambah jumlah kelompok pembudidaya ikan di Kab. Kuningan yang sudah berjumlah 502 kelompok. Pengukuhan kelompok di Desa Bojong ini diharapkan dapat menghasilkan swasembada ikan di wilayah tersebut.*

Rilis/am