Mahasiswa dan Dosen UiTM Malaysia Kunjungi Fikom Unpad

[unpad.ac.id, 8/5/2019] Program studi Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menerima kunjungan studi dari mahasiswa Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia. Kegiatan digelar di Ruang Oemi Abdurrahman kampus Fikom Unpad, Jatinangor, Kamis (2/5) dan Jumat (3/5) lalu.

Kegiatan pertukaran cenderamata antara Universiti Teknologi Mara (UiTM) dengan program studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran di Gedung Oemi Abdurrahman kampus Fikom Unpad, Jatinangor, Jumat (03/05).*

Studi banding ini mengangkat tema  “Broadcast Takes Bandung : Academic and Cultural Exchange(ACE) 2.0″, dan fokus pada perbandingan materi pengajaran serta sarana prasarana yang ada di Fikom Unpad.

Penasihat kegiatan ACE 2.0 Sir Ahmad Syakir Salman mengatakan, Fikom Unpad dipilih setelah UiTM melakukan berbagai riset dan pertimbangan. “Unpad memiliki kesamaan Fakultas Ilmu Komunikasi dengan Faculty of Communication and Media Studies yang dimiliki oleh UiTM. Mata kuliahnya pun hampir sama,” ujar Ahmad dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Di hari pertama, Kamis (2/5), delegasi UiTM mengikuti sesi diskusi bersama mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Jurnalistik (HMJ) Fikom Unpad tentang peran media dalam era digital. Diskusi ini dipandu langsung oleh dosen Jurnalistik Unpad, Ahmad Abdul Basith.

Selanjutnya, di hari kedua, delegasi mengikuti seminar bertema digital bersama dosen Jurnalistik Unpad, Abie Besman, M.Si., dan Detta Rahmawan. Delegasi juga diajak meninjau berbagai laboratorium yang dimiliki Fikom Unpad. Mulai dari laboratorium fotografi, laboratorium radio dan radio komunitas, serta laboratorium televisi. Sejumlah mahasiswa UiTM pun mencoba beberapa alat di laboratorium tersebut.

Kedua belah pihak pun berharap agar kerja sama yang baru dilaksanakan pertama kali ini dapat menjadi agenda rutin antara kedua universitas. Selain itu, diharapkan ada kegiatan yang lebih dari sekadar studi banding, seperti pertukaran pelajar.*

Rilis: Fikom Unpad/am