Mahasiswa FTG Unpad Raih Prestasi di 2 Kompetisi Nasional

[unpad.ac.id, 13/10/2017] Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. Prestasi ini diraih para mahasiswa dalam dua ajang yang berbeda, yaitu “Geology Open Challenge 2017” di kampus Universitas Jenderal Soedirman dan “HAGI-IATMI-IAFMI-IAGI Joint Convention” di Malang.

Mahasiswa Fakultas Teknik Geologi Unpad Raih Juara di Ajang “Geology Open Challenge 2017” di Universitas Jenderal Soedirman, 4 – 10 September lalu.*

Dalam kompetisi Geo Mapping yang digelar pada 4 – 10 September lalu, tim FTG yang terdiri dari Nuzul Ashari, Alvin Adam A., dan Akhmad Fauzan berhasil meraih juara pertama pada kategori “Geo Mapping Competition” mengungguli Institut Teknologi Bandung di posisi kedua dan Universitas Gadjah Mada di posisi ketiga.

Ajang “Geology Open Challenge” merupakan kompetisi pemetaan untuk menginterpretasikan keadaan geologi suatu daerah. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah Paleovulkano “Manfaat dan Kebencanaan Gunung Api Purba “.

Hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan pemetaan meliputi peta lintasan geologi, peta geomorfologi, peta geologi, kolom stratigrafi, analisis struktur, sejarah geologi, peta potensi dan rekontrusi gunung api purba. Semua hasil tersebut harus disajikan dalam sebuah poster dan powerpoint yang nantinya akan di presentasikan di hadapan dewan juri.

Tim juri yang memberikan penilaian terhadap kompetisi tersebut diantaranya Prof. Ris. Dr. Ir. Sutikno Bronto, Dr. Hill G. Hartono, M.T., dan  Fadlin, S.T., M.Eng. Rangkaian kegiatan pada acara ini meliputi pembukaan, pengambilan data, analisis data, presentasi, konservasi, fieldtrip dan refreshing.

Sementara dalam ajang pertemuan praktisi geologi, profesional industri, dan akademisi perguruan tinggi, 26 – 28 September lalu, mahasiswa FTG Unpad berhasil meraih best poster presentation pada kategori pelajar. Peraihan juara ini menyisihkan peserta dari berbagai perguruan tinggi lain se-Indonesia.

Tim yang terdiri dari Hendy Taufik, Muhamad Alwi, Supriyadi, Iqbal Jabbari, Muhammad Iqbal, Nisa Nurul Ilmi, and Ahmad Helman Hamdani dalam kegiatan tersebut mempresentasikan makalah tentang energi nonkonvensional dan terbarukan.*

FTG/am